Connect with us

METROPOLITAN

Antrian Kendaraan Menuju Pelabuhan Merak Hari Ini Mulai Terurai

Published

on

Banten Hits – Antrian ribuan kendaraan yang memadati jalur menuju Pelabuhan Merak hingga memasuki ruas tol pada kilometer 92 atau sekitar 11 kilometer menuju Pelabuhan Merak, Kamis (24/12/2015) kemarin, hari ini terlihat mengurai. (BACA: Libur Panjang, Lalu Lintas Menuju Pelabuhan Merak Macet!).

Pantauan Banten Hits di Pelabuhan Merak, Jumat (25/12/2015), ribuan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi yang akan menuju pulau Sumatera terlihat masih memadati setiap kantong parkir di dermaga 1 hingga 5 Pelabuhan.

Tercatat, sejak kemarin sebanyak 13.802 penumpang pejalan kaki, 3.748 sepeda motor dan 7.720 kendaraan pribadi sudah disebrangkan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak menuju Pelabuhan Bakahueni Lampung.

Tak hanya ribuan kendaraan pribadi yang memadati lima kantong parkir pelabuhan, ratusan truk besar pengangkut barang juga terlihat antri untuk memasuki kapal penumpang. (BACA: Antisipasi Kemacetan Menuju Pelabuhan Merak, ASDP Percepat Jadwal Sandar Kapal).

BACA :  Ungkap Kematian Casriah, Polisi Telusuri Pemilik Honda Supra di Jakarta Timur

“Saat ini kondisi kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak tidak seperti H-1 dan H-2 Natal, bahkan pada H-2 kepadatan kendaraan cukup parah di luar dari prediksi kami,” kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Yanus Letanga kepada Banten Hits.

Selain dikarenakan memasuki libur panjang Natal dan Tahun Baru 2016, kepadatan kendaraan yang menggunakan jasa Pelabuhan Merak juga dipengaruhi kebijakan pemerintah yang tidak memberlakuan aturan yang melarang operasional kendaraan besar jelang perayaan libur Natal dan Tahun Baru yang berbarengan dengan libur sekolah.

“Pemerintah kan tidak melarang angkutan truk, muatan sembako klontong dan lainnya untuk melakukan perjalanan dan itu bersamaan dengan angkutan lainnya yang memang memanfaatkan masa liburan sehingga terjadi penumpukan di Pelabuhan,” terang Yanus.

BACA :  Banjir di Cipondoh, Warga Keluhkan Lambatnya Penurapan Kali Angke

Guna mengatasi lonjakan arus kendaraan menjelang tahun baru 2016, ASDP masih tetap membelakukan sistem percepatan sandar kapal dan mengoperasikan kapal penumpang sebanyak 28 kapal yang melayani lima dermaga di Pelabuhan Merak.(Nda)



Terpopuler