Connect with us

WISATA

Musim Libur Panjang Pemprov Banten Diprediksi Bisa Raup Pendapatan Besar, Asal

Published

on

Banten Hits – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten diprediksi bisa meraup pendapatan lebih besar saat muslim libur panjang. Hal tersebut, jika Pemprov Banten mampu meningkatkan 500 destinasi wisatanya yang tersebar di Kabupaten/Kota di Banten.

“Mayoritas destinasi wisata ada di Kabupaten Pandeglang, Lebak dan Serang,” kata Kepala Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten Budiharto Setyawan kepada wartawan, Jumat (23/12/2015).

Kata Budi, 500 destinasi wisata tersebut diantaranya wisata sejarah, wisatan pantai dan kawasan pengembangan.

“Catatan kami, ada 185 wisata sejarah, 85 wisata pantai, dan 18 kawasan pengembangan wisata. Tapi, baru 8 tempat wisata yang baru berkembang di Banten,” ucapnya.

Menurutnya, kawasan pengembangan wisata yang bertumbuh dengan baik semisal, wisata religi Banten Lama di Kota Serang, Pantai Anyer di Kabupaten Serang, Taman Nasional Ujung Kulon di Kabupaten Pandeglang dan Pantai Sumur, Pulau Umang di Kabupaten Pandeglang.

BACA :  Rampak Bedug Sambut Kedatangan Pejabat di Festival Tanjung Lesung

“Kalau semua destinasi wisatan ini bisa dikembangkan dengan baik, akan bisa menambah pendapatan daerah,” jelasnya.

Ditambah dengan letak geografis Banten yang berdekatan dengan Ibu Kota Jakarta. Akan memberikan keuntungan besar untuk bersaing dengan daerah wisata yang ada di luar Provinsi Banten.

Budi mencontohkan, Bandung dan Bogor yang juga mempunyai jarak tempuh yang berdekatan dengan Ibu Kota. Dua wilayah ini, selalu menjadi alternatif wisata masyarakat yang menghabiskan masa liburnya.(Nda)



Terpopuler