Miris! Pandeglang Tempati Posisi Terakhir Perilaku Hidup Bersih

Date:

Banten Hits – Kabupaten Pandeglang menjadi wilayah yang menempati posisi terakhir dalam program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Provinsi Banten. Hal tersebut disebabkan masih sulitnya membangun kesehatan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

“kita bandingkan dengan indeks pembangunan kesehatan dibidang PHBS di Pandeglang itu memang sangat susah, kalau dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lain di Provinsi Banten,” kata Kadinkes Pandeglang Indah Dinarsiani, kepada wartawan, Selasa (29/12/2015).

Kata Indah, kendati program tersebut merupakan kebijakan lokal, namun kedepannya diharapkan ada regulasi yang mengatur terkait hal tersebut, semisal Peraturan Bupati (Perbup) agar semua pihak bisa terikat dengan pola hidup bersih dan sehat.

“Kalau ada Perbup, semua pihak bisa merasa bertanggung jawab, apalagi pola hidup sehat dan bersih di Pandeglang masih minim,” jelasnya.

Indah menjelaskan, indikator perilaku hidup sehat dan bersih tersebut ada dalam 7 variabel dengan 30 indikator. Misalnya, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang masih minim di daerah selatan Pandeglang.

“Kita akan lakukan breakdown bahwa kita itu ada dimana, apakah kita paling lemah akan dilakukannya supporting. Dengan begitu, indeks prilaku sehat dan bersih itu bisa tercapai, paling tidak peringkat lebih baik dari saat ini,” pungkasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...