Connect with us

METROPOLITAN

LMND Untirta Desak Pemerintah RI Nasionalisasi Aset Freeport

Published

on

Banten Hits – Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Ekom LMND Untirta) mendesak kepada Pemerintah Republik Indonesia segera menasionalisasi Aset milik PT Freeport Indonesia.

“Aset vital milik negara harus dimiliki oleh Indonesia. Pemerintah Indonesia harus berani menasionalisasi aset Freeport sesegera mungkin,” kata Aldo salah seorang aktivis perwakilan LMND Untirta kepada Banten Hits.

Permasalahan Freeport seyogyanya harus diketahui secara luas lantaran kontrak karya nya berakhir pada tahun 2021. Menurutnya, sejak keberadaannya pada tahun 1967 hingga 2015, Freeport tidak memberikan kesejahteraan terhadap rakyat Papua khusunya maupun Indonesia umumnya.

“Kalau dilihat lebih dalam, pendapatan Freepot pertahun bisa mencapai Rp1.600 Triliun, tapi Indonesia hanya mendapatkan pajak Rp.12 Triliun pertahun atau setara 1%. Jadi, investasi asing dari Amerika ini sangat tidak adil bagi Indonesia,” jelasnya.

BACA :  Pemprov Banten Cek Kesiapsiagaan Satpol PP

Selain itu ada beberapa poin yang juga menjadi desakan LMND kepada Pemerinatah Jokowi-JK, diantaranya, melakukan nasionalisasi seluruh aset strategis yang dikuasai asing, Pemerintah harus membangun industri Nasional, mencipatakan lapangan pekerjaan dengan konsep industri nasional, mewujudkan pendidikan gratis yang ilmiah dan demokratis serta mewujudkan kesehatan gratis dan berkualitas.(Nda)



Terpopuler