Connect with us

METROPOLITAN

Unras, Puluhan Buruh di Tangerang Laporkan Pelanggaran PT Wira Paper

Published

on

Banten Hits – Puluhan buruh yang tergabung dalam aliansi buruh SBIK-GSBI menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Dinas Ketenagakerjaan (Disnkaer) kota Tangerang, Senin (4/1/2016).

Puluhan buruh yang bekerja di PT Wira Paper ini meminta pihak Disnaker mendesak kepada perusahaan tempat mereka bekerja agar segera menyelesaikan tuntutan buruh yang tak kunjung dipenuhi oleh perusahaan yang memproduksi kertas tersebut.

Koordinator aksi Yusman Adibroto mengatakan, jika tuntutan tersebut belum juga diselesaikan oleh pihak perusahaan sesuai dengan Perundang-udangan, maka ada 450 buruh yang saat ini nasibnya tidak jelas.
 
“Tuntutan kami adalah pihak perusahaan segera membayar upah karyawan pada bulan Desember, THR karyawan, dan mendesak pengusaha untuk segera melakukan penyelesaian pembayaran BPJS dan JHT, serta mengeluarkan surat kepailitan. Disnaker harus memfasilitasi pertemuan antara buruh dengan pihak perusahaan,” terang Yusman.

BACA :  Empat WNA Asal Bangladesh Dideportasi Imigrasi Bandara Soetta

Yusman menuding, PT Wira Paper telah melakukan pemberangusan Serikat Buruh terhadap delapan Pimpinan Harian SBIK-GSBI dan 12 aktifis pekerja. Tak hanya itu, pelanggaran lain yang dilakukan pihak perusahaan sebut Yusman, adalah kasus buruh kontrak dan upah lembur yang tidak sesuai dengan aturan Pemerintah ditambah lagi pada bulan September 2015 lalu pihak perusahan juga dituding telah merumahkan karyawan dengan alasan pihak perusahaan mengalami kepailitan.

“Masih banyak lagi tindakan yang dilakukan pihak perusahaan seperti melakukan pencurian listrik sejak tahun 2011 sampai dengan bulan November 2014 dan harus membayar denda sebesar Rp.167 Miliar. PT Wira Paper juga telah melakukan pembuangan limbah ke Sungai Cisadane yang sudah jelas ini merugikan negara dan warga sekitar. Lalu, selama ini kemana pengawasan Disnaker?,” tanya Yusman.

BACA :  HMI Sarankan Investigasi Kasus Dugaan Jual Beli Formulir Adminduk di Lapak Fotokopian Libatkan Tim Saber Pungli

Lebih lanjut Yusman menambahakan, PT Wira Paper sudah bayak melakukan pelanggaran ketenagakerjaan. Untuk itu, ia meminta ketegasan dari pihak Disnaker untuk benar-benar serius melakukan pengawasan terhadap perusahaan tersebut.

“Pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan PT Wira Paper tidak terlepas dari lemahnya pengawasan yang dilakukan pihak Dinas Tenaga Kerja,” tandanys.(Nda)



Terpopuler