Penurunan Harga BBM Tak Akan Pengaruhi Harga Kebutuhan Pokok

Date:

Banten Hits – Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak akan dibarengi dengan turunnya harga sejumlah kebutuhan pokok. Turunnya BBM juga tidak akan berimbas besar terhadap angka inflasi.

“Alasannya, harga BBM tidak mengalami penurunan yang signifikan, sedangkan  BBM turun belum tentu diikuti penurunan harga barang lainnya. Berbeda saat BBM naik yang cenderung akan diikuti pula oleh kenaikkan harga barang,” kata Kepala BPS Pandeglang, Tri Tjahjo Purnomo kepada wartawan, Selasa (12/1/2016).

Kata dia, ada sekitar 227 komoditas lain yang disurvei oleh BPS, biasanya tidak mengalami perubahan. Sehingga, diprediksi diflasi akan sulit terjadi. Sedangkan, jika  mengacu pada angka inflasi Kota Serang bulan sebelumnya (sebagai rujukan), inflasi Pandeglang mencapai 4.6 persen, diperkirakan tidak terjadi perubahan angka yang drastis.

“Tidak berdampak pada jenis barang lainnya, kecil sekali perubahan inflasinya. Tetapi, karena kita tidak melakukan survei inflasi, maka tidak dapat menyebutkan angka. Mungkin hanya berupa harga barangnya saja,” ujar Tri.

Menurutnya, harga bahan pokok berpotensi akan semakin mengalami kenaikkan pada bulan Januari hingga Februari mendatang, terutama pada komoditi yang sangat bergantung terhadap cuaca, seperti beras, cabai dan sayur mayur. Apalagi pada saat itu diprediksi akan memasuki puncak musim hujan,

“Barang pokok yang bergantung pada cuaca biasanya akan mengalami peningkatan harga saat ada musibah. Karena, biaya produksi dan transportasi turut mempengaruhinya. Tetapi itu akan terjadi didaerah penghasil,” jelasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...