Belum Sebulan, Belasan Kasus yang Melibatkan Anak Terjadi di Banten

Date:

Banten Hits – Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Banten menyatakan kekhawatirannya terhadap kondisi di tahun 2016. Pasalnya, baru memasuki pekan kedua di awal tahun, lembaga anti kekerasan anak ini sudah mencatat ada 14 kasus yang melibatkan anak terjadi di tanah Jawara. Belasan kasus tersebut, baik anak sebagai korban, maupun anak yang menjadi pelaku kekerasan.

 

“Keadaan di awal tahun ini membuat kami khawatir, belum sampai pertengahan bulan pertama sudah tercatat sebanyak itu, karenanya orang dewasa di sekeliling anak-anak Banten harus waspada,” terang Ketua LPA Banten Iip Syafrudin, Rabu (13/01/2016).

Iip mengatakan, keselamatan hidup dan kehidupan anak-anak Banten, kini dan di masa depan, bukan hanya menjadi tanggung jawab ayah dan ibu yang melahirkan, namun sudah menjadi kewajiban orang dewasa yang ada di sekelilingnya. (BACA JUGA: Mengaku Disiksa Suami, Wanita Ini Lapor ke Denpom Serang).

“Kita tentu bersama-sama berkewajiban untuk bisa memberikan peringatan kepada para orang dewasa di sekeliling anak, bahwa salah satu kewajiban kita adalah menjaga anak-anak dari setiap unsur kekerasan baik fisik, psikis, maupun kekerasan seksual,” jelas Iip.

Peringatan waspada yang disampaikan LPA berdasar kepada laporan by name-by addres yang diterima dan dihimpun oleh LPA Banten hingga hari ini. Iip berharap, seluruh elemen masyarakat bisa mengambil peran sebagai pelaksana, upaya-upaya perlindungan anak, baik upaya pencegahan agar kasus-kasus kekerasan terhadap anak tidak terulang, maupun sekedar meminimalisir.

“Masing-masing elemen masyarakat kita harapkan bisa mengambil peran untuk mengatasi ini. Minimal, dalam melakukan upaya pencegahan agar kasus ini tidak terjadi di lingkungannya,” pintanya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...