Connect with us

METROPOLITAN

Lapesdam NU Minta Pihak Terkait Telusuri Kebenaran Aktifitas Gafatar di Pandeglang

Published

on

Banten Hits – Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lapesdam NU) Kabupaten Pandeglang meminta, pihak-pihak terkait untuk segera menelusuri kebenaran adanya aktifitas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) di wilayah Pandeglang.

Hal ini menyusul mencuatnya sebuah tempat yang disebut ‘kampung konsentrasi’, yang dijadikan lokasi persiapan para anggotanya sebelum nantinya diberangkatkan menuju Kalimantan. Namun, dimana lokasi tersebut masih dirahasiakan oleh pihak berwenang.

“Kami meninta kepada aparat hukum untuk menyikapi secara serius terkait organisasi Gafatar yang dikabarkan berada di salah satu tempat di wilayah Pandeglang,” kata Ketua Lapesdam NU Pandeglang, Raden Handi Kusnan kepada Banten Hits, Kamis(14/1/2015).

Tindakan cepat oleh pihak berwajib mesti dilakukan, lantaran kata Handi, organisasi yang dideklarasikan pada 21 Januari 2012 di gedung JIEXPO Kemayoran dengan nahkoda Mahful M. Tumanurung tersebut, telah dinyatakan mempunyai paham yang menimpang oleh Pemerintah.

BACA :  Zaki Minta Aparat Desa Wujudkan Pemerintahan Berkualitas

“Organisasi ini sangat berbahaya karena akan menghancurkan keyakinan yang sudah ada yang tidak sesuai dengan syariat-syariat agama Islam. Bukan hanya Islam, melainkan keyakinan agama lainnya,” terang Handi

Pihak Kesbangpol Banten bersama Pemkab Lebak dan sejumlah pihak dari TNI dan BIN masih melakukan pendalaman terhadap keberadaan lokasi yang dimaksud.

Sementara itu, Kasubid Kewaspadaan Dini Kesbangpol Provinsi Banten, Ova Safiudin mengatakan, saat ini Kesbangpol bersama dengan Pemkab Lebak dan sejumlah aparat penegak hukum baik dari Korem, Kodim, dan BIN masih melakukan pendalaman.

“Kami sudah melakukan penyisiran ke beberapa tempat, dan mereka teridentifikasi di Pandeglang. Mereka sepertinya berkumpul dan memang sengaja dikumpulkan oleh pentolan Gafatar,” ungkap Kasubid Kewaspadaan Dini Kesbangpol Banten, Ova Safiudin seperti yang dilansir salah satu media online di Banten.(Nda)

BACA :  Jelang Natal dan Tahun Baru, Kedatangan Truk Ekspedisi di Pelabuhan Merak Meningkat



Terpopuler