Connect with us

METROPOLITAN

Rawan WNA, Dinas Kependudukan Pandeglang Akan Gelar Razia Yustisi

Published

on

Banten Hits – Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang akan menggelar operasi yustitisi. Razia akan dilakukan di sejumlah wilayah, diantaranya, di wilayah Carita, Labuan dan Pandeglang bagian Selatan.

Kepala Disdukcapil Pandeglang Entis Sutinsa kepada wartawan, Senin (25/1/2016), menerangkan, razia tersebut dilakukan lantaran wilayah yang rawan dengan keberadaan Warga Negara Asing (WNA).

“Kita lakukan operasi ini karena wilayah yang rawan terhadap warga asing,” ujarnya.

Guna mengantipasi pendatang baru yang masuk ke wilayah Pandeglang, pihaknya kata Entis, akan menyisir ke beberapa tempat, khususnya di wilayah perkotaan, seperti wilayah Majasari, Cigadung dan Karangtanjung. Hal ini untuk memastikan, penghuni kontrakan mengantongi identitas kependudukan.

BACA :  Dishub Pastikan PJU Komplek Kehakiman dan Pengayoman Padam Pada Tanggal 15 Juli Mendatang

“Karena ini program rutinitas, setiap warga negara yang berusia 17 tahun harus memiliki KTP dan yang sudah berkelurga harus punya Kartu Keluarga,” jelasnya.

Razia tersebut tidak serta merta difokuskan hanya kepada anggota-anggota organisasi terlarang maupun penyebaran paham-paham radikalisme oleh para anggota teroris.

“Kita tidak fokuskan untuk itu, artinya sambil berjalan saja, karena kalau penduduk dari suatu tempat pindah ke tempat lain, meminta kependudukan baru yang jelas harus melampirkan surat pindah. Kalau tidak ada ya kita tidak terima,” pungkasnya.(Nda)



Terpopuler