Connect with us

METROPOLITAN

Kanal “Mang Te’i” Perekat Pemkot Tangsel dengan Warga

Published

on

Banten Hits – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus berupaya mendekatkan diri kepada masyarakat, terbaru Pemkot mendekatkan diri melalui saluran komunikasi Mang Te’i. Melalui aplikasi komunikasi interaktif tersebut warga bisa menyampaikan segala keluhan, kritik dan saran melalui jejaring dunia maya.

Kepala Bagian Pengelola Teknologi Informasi (BPTI) Sekretariat Daerah Kota Tangsel, Aplahunnajat mengatakan,‎ Mang Te’i menjadi salah satu kanal interaktif online yang dikemban kan oleh Pemkot Tangsel. Sebelumnya juga ada sarana komunikasi interaktif SMS center dan aplikasi Smart Tangsel‎.

“Kenapa diberi nama Mang Te’i, karena ikon maskot Betawi‎,” kata Aplah, Selasa (26/1/2016).

Menurutnya, lewat aplikasi kanal Mang Te’i‎ diharapkan warga yang mengajukan persoalan, pertanyaan, bahkan kritikan bisa lebih terbuka lepas. Tentunya aspirasi di atas berkaitan dengan sistem pelayanan publik yang ada di sekitar wilayah ataupun lingkungan terdekatnya.

“Karena bertanya pada tokoh dan panggilan yang familiar‎ di tengah kalangan masyarakat Tangsel yang mayoritas beretnis Betawi,” terang Aplah.

“Saya banyak kenal dg orang Ciputat atau Pamulang asli. Ternyata mereka menggunakan panggilan mamang – seperti om atau mas. Mamang juga digunakan oleh orang Sunda yg banyak berdomisili di barat Tangsel (Setu dan serpong)‎,” ujarnya.

Aplah menerangkan, Te’i sendiri berarti Tl atau Teknologi Informasi‎. Dia sengaja memilih karakter tampilan maskot familiar juga digunakan oleh institusi kepolisian‎. Mekanisme penggunaan aplikasi ini, masyarakat bisa langsung membuka situs resmi di tangerangselatankota.go.id .

“Lalu cari dan klik fitur Mang Te’i menjawab. Di sana ada langkah- langkah yg harus dilakukan. Tinggal ikuti aja‎,” terangnya. Aplah menambahkan, ‎khusus bagi pertanyaan yang sudah dijawab akan dipublikasi secara terbuka di fitur itu.

Sementara bagi pertanyaan yang kasar, menghina atau mencemooh, apalagi menyinggung suku agama ras dan antargolongan oleh operator tidak akan dipublikasikan.(Rus) 

 

Trending