Connect with us

METROPOLITAN

Soal Makanan Berbelatung, Dinkes Akan Tegur Manajemen Hotel Le Dian

Published

on

Banten Hits – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Hotel Le Dian, terkait dengan adanya makanan berbelatung yang ditemukan tamu saat menghadiri dialog pimpinan DPRD Banten, Senin (25/1/2016).

Plt Dinkes Kota Serang, Toyalis, kemarin, mengatakan, sidak yang akan dilakukan guna mengetahui lebih jelas penyebab adanya belatung pada makanan yang disajikan. Namun, jika temuan belatung pada makanan yang disajikan itu benar, pihaknya hanya sebatas bisa menegur pihak manajemen Hotel yang berlokasi di Jalan Jenderal Soedirman, Kota Serang tersebut.

“Kita tidak bisa berikan sanksi, bukan kewenangannya. Kami cuma bisa kasih teguran dan pembinaan saja. Minggu ini kami sidak, dan petugas akan meriksa,” kata Toyalis.

Menurutnya, jika hal tersebut benar maka pihak Hotel sudah sangat lalai terhadap kelayakan makanan sehat bagi tamu. Pasalnya, makanan tersebut sangat tidak layak dikonsumsi oleh manusia.

“Kalau itu benar, pihak hotel jelas telah lalai terhadap kelayakan makanan sehat bagi tamu,” tegasnya.

Ia mengaku, Dinkes dan pihak Hotel telah berkoordinasi tentang makanan sehat siap saji. Dalam setahun sekali, Dinkes juga melakukan pembinaan terhadap pengelola Restauran dan Hotel tentang proses pembuatan, dan bahan makanan yang layak disajikan.

“Kita sudah beritahu bahan dan makanan seperti apa yang layak disajikan kepada pengunjung,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah tamu di Hotel berbintang tersebut dibuat jijik dan mual karena ditemukan sejumah belatung di hidangan yang dipesan. Kejadian memalukan tersebut terjadi saat menghadiri dialog pimpinan DPRD Banten.

Teguh, salah seorang tamu yang mendapati hidangan yang disughkan Banquet Le Dian Hotel harus bolak balik muntah di toilet. Tak hanya Teguh, sejumlah tamu lainnya muntah di lantai satu lantaran tak kuat menahan mual. (BACA: Tamu DPRD Banten Temukan Belatung dalam Hidangan Hotel Le Dian)

“Saya buka setiap lapisnya, dan pada setiap lapisan itu banyak belatung hidup menggeliat-geliat,” ungkap teguh.

Sontak Teguh melepaskan sendok hingga sendok itu berdenting beradu dengan piring. Menyadari bukan hanya dirinya yang menemukan belatung-belatung tersebut, Teguh berinisiatif memanggil seorang waiter yang lewat untuk memberitahukan hal tersebut.

Pada saat bersamaan, orang-orang di sekitarnya berlari ke arah toilet dengan menahan muntah. (BACA: Manajemen Hotel Le Dian Minta Maaf soal Makanan Berbelatung)

Selain saya, ada tujuh orang yang muntah-muntah di toilet,” ujar Teguh menjelaskan situasi di toilet lantai dua.(Nda)

Trending