Dinas Pendidikan Dukung Pendirian Fakultas Kedokteran Untirta

Date:

Banten Hits – Dinas Pendidikan Provinsi Banten mendukung didirikannya Fakultas Kedokteran, di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Keberadaannya, diharapakan mampu meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Banten.

“Salah satu yang menjadi fokus Pemprov Banten tahun ini adalah peningkatan daya saing daerah. Jadi, kalau Universitas negeri di Banten sudah mampu melahirkan dokter-dokter sendiri, tentu ini akan meningkatkan daya saing SDMnya,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Banten Engkos Kosasih, Jumat (29/1/2016).

Menurutnya, selain soal peningkatan kompetensi SDM, Engkos juga meyakini, dengan didirikannya Fakultaas Kedokteran dapat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dan perlindungan sosial.

“Kalau dokter spesialis yang dibutuhkan masyarakat sudah ada di Banten, masyarakat tidak perlu jauh-jauh berobat ke luar, cukup di daerah kita sendiri. Misalnya di RSUD Banten, maupun di rumah sakit lain yang tersebar,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Banten Teddy Rukman menambahkan, Fakultas Kedokteran memang sudah menjadi kebutuhan bagi Provinsi Banten sebagai upaya dalam meningkatkan pelayananan kesehatan dan pendidikan.

“Untirta sebagai Universitas negeri yang berada di Banten, tentunya layak mendirikan Fakultas Kedokteran. Dindik sangat mendukung pendirian Fakultas ini,” ucapnya.

Pihaknya juga mendukung adanya usulan agar RSUD Banten dimiliki oleh Untirta, dengan syarat pihak Untirta harus mampu memberikan jaminan pendidikan berkualitas dan SDM yang mumpuni.

“Untirta harus menyiapkan SDM yang mumpuni, agar mampu bersaing dan memberikan pendidikan yang mempunyai kualitas,” tambahnya.

Teddy juga meyakini, keberadaan Fakultas tersebut akan memberikan kemudahan kepada masyarakat di Banten yang ingin kuliah kedokteran.

“Saat ini, masyarakat Banten yang ingin kuliah kedokteran harus ke luar kota seperti Jakarta dan Bandung. Tentunya, dengan adanya fakultas ini masyarakat tidak harus jauh-jauh keluar daerah,” harapanya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...