Pulau Merak Kecil, Wisata Alternatif di Cilegon

Date:

Matahari tenggelam di Selat Sunda, menyisakan cahaya merah kekuning-kuningan. Permukaan air laut memantulkan warna perak yang berkilatan. Deretan kapal yang beroperasi dari Pulau Merak seolah berkejaran dengan awan yang berarak. Semua pemandangan itu bisa dilihat dari Pulau Merak Kecil yang rimbun oleh pepohonan hijau.

Tak banyak yang tahu keberadaan Pulau Merak Kecil. Tempat ini kerap menjadi tujuan wisata alternatif, terutama bagi mereka yang sudah bosan dengan suasana pantai di Kawasan Anyer, Kabupaten Serang. Saat liburan Imlek 2016 kemarin, Pulau Merak Kecil ramai dikunjungi warga Kota Cilegon yang ingin menghabiskan waktu libur.

Bagi Anda yang berkunjung di Kawasan Pantai Anyer, tak ada salahnya jika Anda mencoba meneruskan perjalanan Anda ke Pulau Merak Kecil. Pulau ini berada di Kelurahan Mekar Sari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. Pulau Merak Kecil hanya berjarak 200 meter dari Pantai Mabak.

Saat ini, keberadaan Pulau Merak Kecil baru diketahui oleh wisatawan lokal yang berasal dari Kota Cilegon. Senin (8/2/2016), mereka tampak mengantre menggunakan perahu motor kayu milik nelayan sekitar untuk menuju Pulau Merak Kecil. Begitu tiba di pulau seluas 4,6 hektar itu, pengunjung bisa langsung bermain pasir atau mengamati kapal yang lalu lalang sambil menikmati sun set.

Anto Wibowo (31), salah seorang warga Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon yang berkunjung ke pulau ini mengatakan, dirinya sengaja memilih menghabiskan waktu liburan di Pulau Merak Kecil karena pulau tersebut dirasa tidak kalah dengan tempat-tempat wisata pada umumnya yang ada di Pantai Anyer, maupun Pantai Merak.

“Selain jaraknya dekat hanya 8 kilometer dari pusat pemerintahan Kota Cilegon, Pulau Merak Kecil juga menyuguhkan pemandangan yang indah,” ungkapnya.

Anto menambahkan dengan biaya yang relatif murah, ia bisa mengajak seluruh anggota keluarga menikmati keindahan pulau tersebut.

“Untuk menyeberang maupun sebaliknya, harus menggunakan perahu motor milik nelayan. Untuk biaya cukup dengan harga Rp 10 ribu rupiah saja. Selain itu, saya bisa memberikan pengetahuan kepada anak saya yang ingin mengetahui bentuk kapal laut penumpang dari jarak dekat,” ujarnya.

Dahlan (48), salah seorang nelayan di Pantai Mabak, Merak, saat ditemui wartawan Banten Hits Iyus Lesmana mengatakan, musim liburan seperti saat itu, Dahlan mendapatkan rezeki tambahan dari para wisatawan yang menggunakan jasanya untuk mengantar ke Pulau Merak Kecil.

“Karena banyaknya warga yang menuju pulau, sementara ini aktivitas mencari ikan di tengah laut libur dulu. Lumayan, buat tambah-tambah penghasilan,” katanya singkat.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan eksotisme Pulau Merak Kecil, segeralah berkunjung. Pulau ini dijamin bisa menjadi tempat untul melepas penat dari rutinitas yang padat.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Bumi Tirtayasa, Tempat Healing Teranyar yang Bikin Segala Penat Ambyar..

Berita Serang - Namanya Bumi Tirtayasa. Memasuki kawasan ini...

Mau Liburan ke Wisata Pantai di Lebak? Balawista Bakal Jamin Keamanan dan Keselamatan Wisatawan

Berita Lebak- Kunjungan wisatawan ke destinasi wisata pantai di...

Sssttt….’Hidden Gem’ di Pelosok Lebak Dipamerkan di Cilograng Festival 10-26 November 2022

Lebak - Pemerintah Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak menggelar Cilograng...