Kurangi Tenaga Kerja, PT BKJ: Ini Hasil Sidak ASDP dan Audit BPK

Date:

Banten Hits – PT Bangkit Karya Jaya (BKJ) menyatakan, rencana perampingan tenaga kerja sudah sesuai dengan prosedur yang ditentukan perusahaan. Perampingan yang berdampak kepada pengurangan tenaga kerja pada cleaning service Pelabuhan Merak tersebut didasari oleh hasil inspeksi mendadak (sidak) ASDP sebagai user.

“Hasil sidak user (ASDP-red) dan audit BPK menyebut, ada areal di pelabuhan yang harus dirampingkan. Ini tentu berdampak kepada pengurangan tenaga kerja. Untuk mekanisme pengurangannya, perusahaan akan melihat dari baik atau buruknya kinerja dan kedisiplinan SDM itu sendiri,” jelas Samingan, Direktur PT Bangkit Karya Jaya, kepada awak media Rabu (10/2/2016).

Sebelum rencana perampingan tersebut muncul, manajemen telah melakukan berbagai upaya untuk menciptakan kedisiplinan kepada tenaga kerja kebersihan, yang sudah menjadi tugas dan kewajiban tenaga kerja kebersihan Pelabuhan Merak.

”Kami sudah berikan kesempatan berulang kali dengan tujuan para pegawai dapat melakukan kewajiban kepada perusahaan secara maksimal. Tapi, itu tidak diindahkan mereka. Contoh kecil, saat sidak, ASDP menemukan pekerja yang tidur di dalam areal Pelabuhan, dan itu jadi catatan kami,” ungkap Samingan.

Dengan perampingan tersbeut, dari 121 tenaga kerja PT BKJ akan menjadi 92. Pengurangan tersebut, akan merubah kontrak kerja antara PT ASDP Indonesia Ferry dengan perusahaan penyedia jasa kebersihan yang berkantor di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak ini.

“Perubahan kontrak kerja dari PT ASDP Pusat sudah keluar dari tanggal 1 Januari bulan lalu, kami masih memberikan kesempatan dan kebijakan kepada tenaga kerja sampai hari ini, tapi diabaikan. Tapi, untuk hak normatif seluruh pekerja yang terkena dampak pengurangan sudah kita penuhi semua,” paparnya.

Diberitakan sebelumnya, puluhan pegawai PT BKJ mendatangi kantor manajemen. Kedatangan para pegawai cleaning service yang bertugas di Pelabuhan Merak tersebut setelah ada informasi yang menyebut akan dilakukannya perampingan tenaga kerja oleh perusahaan. Informasi itu, sontak membuat para karyawan resah. (BACA: Ada Wacana Perampingan Tenaga Kerja, Puluhan Cleaning Service Pelabuhan Merak datangi Manajemen)

“Saya datang dengan kawan-kawan untuk menanyakan pengunguman perampingan tenaga kebersihan di Pelabuhan Merak. Saya tau tentang ini, waktu absensi di kantor PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak,” tutur Mulyono (29) salah seorang pegawai PT BKJ.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...