Connect with us

METROPOLITAN

Polres Metro Tangerang Ungkap Penggelapan Belasan Mobil Rental, Begini Modusnya

Published

on

Banten Hits – Empat belas unit mobil diamankan setelah Polres Metro Tangerang mengungkap kasus penggelapan mobil rental. Dari pengungkapan tersebut, tiga pelaku yakni EC, A dan H berhasil diringkus oleh jajaran Reskrim.

Kapolres Metro Tangerang Kombes Pol Agus Pranoto mengungkapkan, modus yang digunakan para pelaku adalah dengan cara menyewa mobil rental kemudian disewa selama satu bulan.

“Pelaku EC menyuruh A dan H untuk mencari beberapa mobil kemudian disewa untuk satu bulan. Mobil-mobil tersebut kemudian digadaikan kepada pihak lain, dan begitu seterusnya,” kata Agus, Kamis (11/2/2016).

Sebagian uang dari hasil gadai kendaraan digunakan pelaku untuk membayar sewa mobil hingga mencapai 14 unit mobil dari berbagai merk.

BACA :  Terungkap! BPKP Pernah Minta Gubernur Banten Audit Investigasi Kejanggalan Pengadaan Komputer UNBK dan Pengadaan Lahan SMA

“Ada 14 yang kita amankan, 2 unit sudah diambil oleh pemiliknya,” ujarnya.

“Kita kenakan Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun Penjara,” terang Kapolres.

Agus menghimbau kepada masyarakat pemilik usaha rental mobil agar lebih berhati- hati dan meningkatkan kewaspadaan saat mobil yang direntalkan akan disewa.

“Pemilik rental harus lebih teliti, tahu identitas dan memberikan syarat-syarat yang mengikat penyewa, itu penting dan harus diperhatikan,” pintanya.

Sementara EC, mengaku, sudah satu tahun menjalani penipuan rental mobil. Selama menjalakan aksinya, sudah 30 unit mobil yang digadaikan.

“Satu unit saya gadai Rp15-20 juta. Uangnya diputer lagi untuk ngerental mobil lain,” imbuhnya.(Nda)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler