BPBD Prediksi Tahun Ini Banjir Terparah Terjadi di Cikeusik

Date:

Banten Hits – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang memprediksi, pada tahun ini ada pergeseran wilayah terparah yang terendam banjir. Sebelumnya, banjir terparah melanda Kecamatan Patia dengan ketinggian air mencapai dua meter.

Sedangkan, pada puncak musim hujan tahun ini BPBD memperkirakan banjir terparah terjadi di Kecamatan Cikeusik. Berada di dataran rendah, dan akan menjadi muara hujan yang berasal dari Cibaliung menjadi alasan BPBD memprediksi banjir parah akan terjadi di wilayah tersebut.

“Pemetaan BPBD memang daerah Cikeusik itu rendah, sehingga akan menjadi tampungan air hujan dari Cibaliung yang merupakan dataran tinggi,” kata Kepala BPBD Pandeglang, Doni Hermawan, Jumat (12/2/2016).

Kata Doni, BPBD telah memetakan beberapa daerah yang rawan bencana banjir dan  menyiapkan langkah antisipasi menghadapi banjir, seperti menyiapkan posko khusus dan buffer stok bagi korban banjir.

“Persiapan bantuan logistik itu akan langsung didistribusikan ketika ketinggian air sampai pada taraf yang mengkhawatirkan,” ungkapnya.

Hingga kini, BPBD sudah menyalurkan bantuan ke Kecamatan Labuan. Empat Desa pada Senin kemarin yang tergenang banjir kini kondisinya mulai surut.

“Bantuan sementara kita sudah dropping. Buffer stok juga sudah kita siapkan untuk daerah yang terdampak bencana banjir,” pungkasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...