Connect with us

METROPOLITAN

Nelayan Pandeglang dan Lebak Tolak Eksploitasi Minyak M3nergy Gamma

Published

on

Banten Hits – Ratusan nelayan yang berasal dari Kabupaten Pandeglang dan Lebak, Banten, menggelar aksi unjuk rasa di perairan Pantai Cikeusik dan Binuangen, tepatnya di sekitar Pulau Tinjil, Sabtu (13/2/2016).

Aksi ratusan nelayan itu untuk menyuarakan penolakan terhadap eksploitasi minyak yang dilakukan oleh M3nergy Gamma di perairan tersebut karena dinilai akan merusak laut dan habitat ikan. Berdasarkan informasi, eksplorasi itu telah dilakukan sejak 2015.

Nelayan menilai, lokasi pengeboran dilakukan di zona tangkapan ikan di kawasan laut setempat. Karena itu jika pengeboraan dipaksakan, pastinya akan membuat laut setempat rusak dan nelayan kehilangan ikan tangkapan.

“Kami sebagai nelayan merasa takut mata pencarian hilang sebab laut tempat ikan hidup pastinya akan tercemari dengan adanya pengeboraan minyak,” keluh Kepala Desa Cikiruhwetan, Kecamatan Cikeusik, Pandeglang, Lukmanul Hakim mewakili sejumlah nelayan kepada Banten Hits, Senin (15/2/2016).

BACA :  Warga Pandeglang Serahkan Bukti Pungutan Sertifikat Prona ke Polisi

Lukman menuturkan, pihaknya sampai saat ini belum mengetahui terkait izin pengeboran minyak tersebut. Bahkan Lukman mempertanyakan izin eksplorasi M3nergy Gamma di wilayahnya.

“(Saya belum tahu) izin perusahan itu, baik dari pusat maupun dari pemerintah daerah. Yang jelas bagi warga saya yang profesinya nelayan mengeluhkan atas aktivitas itu,” ucapnya.

Para nelayan berharap kepada Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan pemprov Banten untuk mendengarkan aspirasi mereka.(Rus)



Terpopuler

Please disable your adblock for read our content.
Refresh