DKP Pandeglang : Ijin Eksplorasi Minyak M3nergi Gamma dari Pusat

Date:

Banten Hits – Setelah sejumlah pihak di lingkup Pemerintah Kabupaten Pandeglang saling lempar tanggungjawab soal aktivitas eksplorasi minyak yang dilakukan M3nergy Gamma di Pulau Tinjil, Dinas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pandeglang akhirnya angkat bicara.

(BACA : Dinas di Pandeglang Saling Lempar Tanggungjawab soal Eksplorasi M3nergy Gamma)

Kepala Bidang Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (Kp3K) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pandeglang Maman, mengakui jika pihaknya pernah melakukan sosialisasi terkait eksploitasi minyak  di perairan pantai Cikeusik dan Binuangen kepada para nelayan setempat.

Maman mengatakan, pihaknya saat ini tidak bisa melakukan apa-apa terkait protes nelayan, sebab proses perizinan dilakukan pihak Provinsi Banten dan pusat.

“Kalau kami dulu hanya mendampingi kegiatan sosialisasi saja. Adapun untuk perizinan pengeborannya itu pemerintah pusat dan Provinsi Banten,” ungkapnya.

Sementara,  Wakil Ketua II DPRD Pandeglang Yuliana Yusup, mengaku pihaknya belum tahu adanya kegiatan pengeboran minyak di kawasan perairan Pulau Tinjil. Bahkan pihaknya sangat menyayangkan dengan adanya kegiatan tersebut tanpa ada koordinasi dengan Pemkab Pandeglang.

“Meskipun itu perizinananya dari pemerintah pusat, harusnya perusahaannya ada tembusan ke pemerintah daerah, baik itu legislatif atau juga eksekutif. Karena kalau ada masalah pasti pemerintah daerah juga bisa terkena masalah,” tegasnya.

Sebelumnya, ratusan nelayan yang berasal dari Kabupaten Pandeglang dan Lebak, Banten, menggelar aksi unjuk rasa di perairan pantai Cikeusik dan Binuangen tepatnya di sekitar pulau Tinjil, Sabtu (13/2/2016). Mereka  menolak eksploitasi  minyak di perairan tersebut karena akan merusak laut dan habitat ikan.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...