Jadi Garda Terdepan Melayani Penumpang, Petugas Avsec Dituntut Pandai Berkomunikasi

Date:

Banten Hits – Pengetahuan dan ketrampilan dalam berkomunikasi wajib dimiliki petugas Aviation Security (avsec) Bandara. Hal tersebut lantaran AVSEC merupakan garda yang paling depan dalam melayani penumpang.

“Kita ingin meningkatkan level of security di seluruh bandara. Dalam upaya perbaikan pelayanan ini, dampaknya masyarakat akan terganggu. Lewat pengetahuan komunikasi yang baik, di satu sisi kita meningkatkan keamanan, tapi tidak terasa oleh masyarakat, ada suatu upaya perbaikan,” kata Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi.

Budi menjelaskan, untuk meningkatkan pelayan namun tanpa mengurangi kenyamanan pengguna jasa penerbangan, kemarin, pihaknya memberikan seminar dan motivasi komunikasi kepada ratusan petugas AVSEC Bandara.

Menurutnya, untuk membuat bandara aman dan nyaman, tak jarang petugas AVSEC dihadapkan oleh penumpang yang tidak mengikuti prosedur penerbangan. Namun, di satu sisi petugas Avsec dilarang memarahi penumpang.

“Untuk menghadapi penumpang yang maunya seenaknya sendiri itu ada caranya, ada komunikasinya. Bagaimana cara petugas tidak boleh marah dan bisa menyelesaikan masalah tersebut. Makanya kita undang juga pakar komunkasi untuk memberikan motivasi,” ungkap Budi.

Pihaknya lanjut Budi akan memilih 10 petugas Avsecuntuk diberikan reward berupa liburan ke luar negeri sambil mempelajari pelayanan Bandara. Tak hanya itu, AP II akan memilih 5 persen petugas Avsec yang ada di Bandara untuk diberikan pendidikan sehingga karirnya bisa berkembang.

“Saya lihat Avsec ini tidak merasa punya karir, jadi akan kita berikan reward kepada beberapa orang. Tidak dipilih banyak, yang penting mereka yang bagus dan bisa memilih karir di luar Avsec,” terangnya.

Sementara itu, pakar Komunikasi Aqua Dwipayana menjelaskan, petugas AVSEC yang banyak berusia muda memang perlu mendapat perhatian. Salah satu kunci AVSEC sebagai garda terdepan bisa secara ramah dan santun, tapi berhati-hati adalah pada komunikasi.

“Paling tidak 6 bulan sekali diberi motivasi komunikasi dan juga dilakukan di Bandara lain yang dikelola AP II,” pungkasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...