Connect with us

METROPOLITAN

Ternyata Izin Lingkungan Eksplorasi Minyak M3nergy Gamma Ditandatangani Erwan

Published

on

Banten Hits – Izin lingkungan pemboran sumur eksplorasi M3nergy Gamma di perairan pantai selatan Banten, Kabupaten Pandeglang diterbitkan pada tahun 2012 lalu oleh Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi melalui Surat Keputusan Bupati.

Namun, lantaran mengalami perubahan pada jajaran direksi perusahan dan alamat kantor perusahaan asal Malaysia tersebut, pada tahun 2015, Erwan kemudian merubah Surat Keputusan sebelumnnya. (BACA: LPPNNU Banten Kecam Eksplorasi Minyak M3nergy Gamma)

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pandeglang Ade Surahman membenarkan, pihaknya memang mengeluarkan rekomendasi izin lingkungan pada tahun 2012 yang ditanda tangani oleh Bupati Pandegalang. (BACA: Dinas di Pandeglang Saling Lempar Tanggungjawab soal Eksplorasi M3nergy Gamma)
“Tang menandatangani itu Bupati, kalau kami hanya merekomendasikan saja. Tentu saja kami memberikan, masa ada orang yang mau usaha minta rekomendasi ke LH di halang-halangi. Apalagi dokumennya yang diajukanya lengkap,” papar Ade, belum lama ini, di Kecamatan Jiput, Pandeglang.

BACA :  Pilgub Banten, PKS Lebak All Out Dukung Anton Apriyanto

SK bernomor: 660/24 -BPMPPTSP/8I/2015) yang merupakan perubahan atas Keputusan Bupati Pandeglang nomor 660/Kep.287-Huk/2012 berisikan izin lingkungan kegiatan pemboran sumur eksplorasi, sumur cula 1, Cula 2, dan UK 2, Blok Ujung Kulon di perairan Pantai Selatan Banten, Kabupaten Pandeglang.

Berikut susuna penanggung jawan M3nergy Gamma yang membuat SK Bupati harus kembali dirubah pada tahun 2015.

1. Nama Perusahaan: M3nery Gamma SDN BHD
2. Jenis Perusahaan : Eksplorasi Minyak dan Gas
3. Penanggung Jawab : Dono Setiadi
4. Alamat Kantor : Menara Thamrin lantai 21 ruangan 21001 Jl M.H Thamrin Kav 3 Jakarta.
5. Lokasi Kegiatan: Blok Ujung Kulon.

Surat yang ditanda tangani langsung Erwan tersebut ditembuskan kepada Kementerian Lingkungan Hidup, Dirjen Mineral dan Sumber Daya, Gubernaur Banten, Pimpinan DPRD Pandeglang, dan Kepala BLHD Banten.

BACA :  Digunakan sejak 2002, Hampir Seluruh Izin Trayek Elf Serang-Cibaliung Ternyata Palsu

Sebelumnya, Erwan mengatakan, dirinya sebagai Kepala Daerah telah merekomendasi ekspolitasi minyak di perairan laut lepas perbatasan Kabupaten Pandeglang dan Lebak itu.

“Perizinannya dari provinsi sedangkan saya hanya memberikan rekomendasi saja,” kata Erwan kepada Wartawan, Selasa (16/2/2016).

Namun pernyataan Erwan ini bertolak belakang dengan yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pandeglang Aah Wahid Maulany. Dia mengatakan, pihaknya belum mendapatkan informasi terkait aktivitas pengeboran minyak tersebut. (BACA: Bupati dan Sekda Pandeglang Tak Satu Suara soal Eksplorasi M3nergy Gamma)

“Kita belum mendapatkan informasi soal itu, dan sebelumnya juga  belum ada (koordinasi),” ujar Aah.(Nda)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler