Connect with us

METROPOLITAN

Atasi Banjir, Pemkot Tangerang Siapkan 89 Pompa Mobile

Published

on

Banten Hits – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengoperasikan 89 pompa air mobile untuk mengatasi banjir dan genangan air di sejumlah titik. Puluhan pompa tersebut disebar sesuai dengan kebutuhan di wilayah yang tergenang banjir.

“Ada 89 pompa mobile yang disiagakan. Setiap pompa sudah disebar, seperti di Periuk Damai, ada lima pompa. Jadi, tergantung kebutuhannya,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangera, Nana Trisyana, Minggu (28/2/2016).

Nana menjelaskan, puluhan pompa difungsikan untuk menyedot genangan air ke saluran yang sudah disediakan. Misalnya, di Perumahan Periuk Damai dan juga Total Persada, pompa difungsikan untuk menyodet air dari perumahan ke Situ Bulakan yang berdekatan dengan kedua lokasi itu.

BACA :  PKL Cilame Ngeyel, Satpol PP Kota Serang Siapkan Sanksi

“Kalau untuk Periuk Damai karena dekat dengan tandon yang kami buat sebelumnya, air disodet ke tandon tersebut. Jadi genangan air tidak terlalu lama, dalam hitungan jam bisa surut,” terangnya. (BACA: Genangan Banjir di Perumahan Periuk Damai Capai 80 Cm)

Jika tak diguyur hujan lebat dan kiriman air dari hulu atau Bogor, Situ Bulakan dan sejumlah anak sungai seperti Kali Sabi dan Kali Angke, tidak akan meluap.

Tak hanya mengoperasikan pompa, 80 personil dan  50 personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setemapt juga disebar untuk memantau luapan kali dan anak sungai.

“Dari kontrol yang dilakukan sampai saat ini, banjir tidak mengakibatkan masyarakat terisolir,” pungkasnya.(Nda)

BACA :  Prita Pertanyakan Salinan PK ke PN Tangerang



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler