Connect with us

METROPOLITAN

Kondisi Jembatan Gantung di Pandeglang Memprihatinkan, Begini Komentar Pedas Netizen

Published

on

Banten Hits – Kabupaten Pandeglang merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Banten yang masih mempunyai banyak jembatan dengan kondisi memprihatinkan. Salah satunya, jembatan gantung di Desa Cikuya, Kecamatan Sukaresmi yang menjadi penghubung dengan Desa Weru, Kecamatan Pagelaran.

Saat foto jembatan tersebut diunggah di media sosial (medsos) Facebook, beragam komentar pedas ditulis para netizen. Salah satunya oleh akun Ramdani Efhira.

Menurutnya, warga di wilayah tersebut masih merasakan jaman penjajah, tanpa ada perhatian dari Pemerintah Daerah yang selama lima tahun dipimpin Bupati dan Wakil Bupati Erwan Kurtubi-Heryani.

“Mereka masih merasakan jembatan di jaman penjajahan, kemana para pejabat berdasi dan hanya tumpang kaki yang seharusnya memperjuangan hak-hak mereka untuk merasakan kemerdekaan. Apakah ini yang diberikan Bupati Pandeglang untuk rakyatnya dengan moto berbenah, apa kira-kira yang di benahi selama 5 tahun,” tulis Ramdani, Sabtu (27/2/2016).

BACA :  Jembatan Ciujung Kembali Ditutup, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Akun Dhie Mahdi yang turut mengomentari foto tersebut mengatakan, pembangunan jembatan tersebut dilakukan pada tahun 1997. Namun, kini kondisinya sangat membahayakan lantaran jembatan hanya mengandalkan seling sebagai penyangga. Tak jarang, dengan kondisi tersebut kerap terjadi kecelakaan.

“Jembatan tersebut hanya mengandalkan seling sebagai penyangga sehingga ketika dilewati jembatan tersebut akan mengayun yang mengakibatkan sering terjadi kecelakaan. Tiang penyangga yang terlihat bengkok merupakan akibat dari insiden yang terjadi pada tahun 2012, saat dilewati oleh sekelompok pejalan kaki,” jelasnya.

Kata dia, sejak jembatan gantung itu dibangun perbaikan hanya dilakukan oleh warga setempat dengan cara swadaya. Menurut Dhie yang merupakan warga setempat, Pemerintah tidak respon dengan kondisi tersebut. Padahal, jembatan mempunyai peran penting dalam kelancaran berbagai aktifitas dan ekonomi warga.

BACA :  Wacana Pembangunan Jembatan Selat Sunda Kembali Digemborkan

“Kami menilai Pemerintah tidak cekatan dalam menyikapi fenomena seperti ini. padahal jembatan ini merupakan akses utama bagi masyarakat. sekedar informasi bahwa Desa Cikuya merupakan wilayah Pertanian yang sangat besar di kabupaten Pandeglang, mayoritas penduduk merupakan petani,” papar Dhie dalam komentranya.(Nda)



Terpopuler