Connect with us

METROPOLITAN

Pengelolaan SMA Diambil Alih Provinsi, Dindik Kabupaten Minta Kegiatan Siswa Tercover Baik

Published

on

Banten Hits – Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah mencantumkan soal pembagian urusan antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Salah satunya soal pembagian urusan Pemerintahan bidang pendidikan.

Dengan UU tersebut, maka manajemen pengelolaan SMA/SMK yang sebelumnya berada di tangan Pemerintah Kabupaten/Kota dilimpahkan kepada Pemerintah Provinsi. Sementara Pemerintah Kabupaten/Kota hanya menangani Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Setelah nantinya benar-benar telah dikelola oleh Pemerintah Provinsi, sejumlah kegiatan yang berhubungan dengan bakat dan minat siswa diharapkan tetap bisa tercover dengan baik. Salah satunya, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) tingkat SMA/SMK Kabupaten. Hal tersebut agar kegiatan siswa tak menjadi stagnasi.

BACA :  Pecat Kurdi Matin, Rano Diminta Berhati-hati

“Begitu dikelola oleh Provinsi, ya kita harapkan kegiatan ini jangan sampai stagnasi,” kata Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Pandeglang, Hendri Muahad Ishak Iskandar, di sela-sela penutupan O2SN, di gedung Graha Pancasila, Senin (29/2/2016).

Menurutnya, kegiatan seperti O2SN, merupakan sarana dalam menggali minat, bakat dan kreatifitas siswa. Pasalnya, dengan pembinaan yang baik, para siswa bukan hanya mampu berkompetisi di tingkat Kabupaten dan Provinsi, melainkan akan mampu bersaing di tingkat Nasional. Salah satunya seperti salah satu siswa SMA Negeri Pandeglang yang mampu memperoleh beasiswa ke Jepang.

“Semoga anak-anak dari Pandeglang dapat membawa nama harum daerah, baik di tingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional. Makanya itu tadi, saya harapkan kegiatan seperti ini tidak stagnasi setelah kewenangan pengelolaan SMA oleh Provinsi,” paparnya.

BACA :  Sudah Dicabut Mahkamah Agung, Bambang Wisanggeni Tetap 'Keukeuh' Gunakan Gelar Sultan Banten ke-18

DIketahui, O2SN tingkat Kabupaten Pandeglang yang digelar sejak 23 hingga 27 Februari tersebut melombakan 75 cabang perlombaan dengan memperebutkan 308 piala. Para juara dalam ajang tersebut, akan mewakili Pandeglang untuk bertanding pada tingkat Provinsi, Mei mendatang.(Nda)



Terpopuler