Pemkab Pandeglang Tunjuk Wilayah Panimbang Jadi Sentra Kerang Hijau

Date:

Banten Hits – Laut Pandeglang Selatan seperti Laut Panimbang Jaya, di Kecamatan Panimbang dinilai sangat bagus untuk pengembangan budidaya kerang hijau, Melihat kondisinya yang sangat bagus, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang menjadikan wilayah tersebut sebagai sentra kerang hijau.

“Kondisi lautnya bagus untuk budidaya kerang hijau, ditambah masyarakatnya juga hafal dengan habitat kerang hijau. Jadi, kerang hijau bisa berkembang baik di sini,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pandeglang, Tata Nanzar dalam temu lapang dan pembinaan pelaku budidaya kerang hijau, di Desa Panimbang Jaya, Kecamatan Panimbang, kemarin.

Kata Tata, DKP terus memberikan dukungan bagi para pelaku budidaya kerang hijau. Misalnya, pada tahun 2015, bantuan untuk budidaya kerang hijau untuk lima kelompok, dan disusul pada tahun ini bantuan diberikan kepada 10 kelompok.

Bahkan, untuk bantuan tahun depan akan segera di panen nanti diakhir bulan. DKP mengharapkan, tak hanya penerima bantuan yang membudidayakan kerang hijau, namun warga lainya juga bisa ikut dalam pengembangan kerang hijau lantaran potensi pasarnya yang cukup menjanjikan.

“Apalagi untuk Kecamatan Panimbang ini juga sudah ditetapkan sebagai minapolitan oleh Pemkab Pandeglang melalui SK Bupati yang andalanya itu adalah kerang hijau,” urainya.

Yaya, salah seorang pembudidaya kerang hijau mengatakan, hasil kerang hijau di wilayahnya dianggap cukup bagus lantaran kondisi laut yang belum tercemar.

“Kalau saya menyarankan kepada Pemerintah agar pemberian bantuanya bisa tepat waktu. Jangan sampai, cuacanya buruk bantuan datang, karena udah pasti menganggu,” pintanya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...