Connect with us

METROPOLITAN

Kementerian Riset dan Teknologi Resmikan Zona Bisnis Teknologi

Published

on

Banten Hits – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI membuka zona bisnis teknologi, di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Jumat (4/3/2016).

 

Diresmikannya area tersebut, merupakan upaya untuk mendorong proses hilirisasi dan komersialisasi teknologi, dengan merevitalisasi Puspiptek, sebagai bagian penting dari pembangunan ekonomi nasional.

Menristekdikti, M. Nasir mengungkapkan, area tersebut diharapkan akan menjadi sentra kolaborasi para peneliti, perekayasa, pelaku usaha, hingga para mahasiswa, dalam menciptakan dan mengembangkan produk inovasi. Untuk kemudian, dapat di produksi secara massal dan dipasarkan secara luas hingga ke mancanegara.

“Saya berharap,  dengan keberadaan area ini akan banyak lahir Perusahaan-perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) yang berkembang melalui proses Inkubasi Bisnis, yang dilakukan di Technolody Business Incubation Center (TBIC),” kata Nasir.

BACA :  Terlibat Pungli, Pegawai Dishub Cilegon Akan Diproses Hukum

Menurutnya, ini adalah labolatorium bersama yang dapat dimanfaatkan oleh para Industri Kecil Menengah (IKM) dengan teknologi yang unggul untuk mengembangkan bisnisnya di kawasan tersebut.

“Ada 20 dari 48 teknologi potensial yang lolos ke dalam tahap seleksi. Ke-20 teknologi yang ada di sini dipilih berdasarkan hasil penelitiannya,” tuturnya.

Sementara sang tuan rumah, Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan, kawasan ini akan menjadi salah satu tempat bagi para mahasiswa untuk belajar bisnis. Ke depannya, juga dapat dijadikan contoh penelitian yang dapat disalurkan dan dimasukkan ke labolatorium ke daerah lainnya di Kota Tangsel.

“Kami juga berharap, nantinya Puspiptek, khususnya area ini agar dapat bersinergi dengan para UKM yang ada di Tangsel. Tentunya, melalui tahapan yang ditentukan,” katanya.(Nda)

BACA :  Satgas Covid-19 Lebak Gencar Lakukan Skrining, 81 warga Cibeber Jalani Swab Tes



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler