Connect with us

Pemkot Tangerang

Jadi Narsum di Pusat Kebudayaan Amerika, Walikota Tangerang Paparkan Konsep Kota Berketahanan

Published

on

Banten Hits – Pembangunan Kota masa depan tidak hanya diarahkan untuk mewujudkan Kota yang berkelanjutan atau Sustainable City, namun diperlukan upaya untuk mendorong ke arah Kota yang berketahanan atau Resilient City.

Konsep Kota yang berketahanan tersebut ialah bagaimana cara Kota untuk bertahan dan pulih pasca terjadinya musibah. Kota yang memiliki visi menjadi Kota yang layak huni, berkeadilan dan berinovasi.

Selain itu, perencanaan Kota dan desain bangunan yang efektif dapat memainkan peran penting dalam memfasilitasi pengembangan kapasitas yang lebih besar untuk ketahanan di masa depan.

Hal tersebut disampaikan Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah saat menjadi salah satu narasumber, di Interactive Talkshow yang bertajuk ‘Mengembangkan Kota yang Berketahanan,’ di @america Pusat Kebudayaan Amerika, Pacific Place Mall, Level 3 Kav. 52-53 Jakarta Selatan, Jumat (4/3/2016).

“Begitu juga seperti yang terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk mewujudkan Kota yang semakin layak bagi kehidupan masyarakat, melalui Liveable, Investable, Visitable and E-City, dengan terus berbenah dan menata Kota. Salah satunya melalui Tangerang LIVE Room,” kata Arief.

Arief menjelaskan, Tangerang LIVE Room dirancang sebagai pusat kendali, monitoring, media informasi dan evaluasi, serta pelaporan dan layanan bagi masyarakat.

“Kita bisa tahu, memantau segala permasalahan yang terjadi di seputar Kota Tangerang. Informasi akan disajikan lebih cepat, sehingga persoalan yang ada dapat segera ditindaklanjuti,” terang Walikota.

Untuk itu kata Arief, Tangerang LIVE Room turut dilengkapi berbagai plikasi yang terintegrasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Tangerang, serta dapat memonitor langsung keadaan kota.

“Misalnya lalu-lintas, kesehatan, infrastruktur, pendidikan, pelayanan dan sebagainya,” ucapnya.

Dengan hadirnya Tangerang LIVE Room, Walikota berharap, bisa mengurangi persoalan Kota, dan diharapkan Kota Tangerang dapat menjadi Kota yang memiliki ketahanan di dalam mengatasi setiap persoalan.

“Saya harapkan juga, Tangerang LIVE Room ini bisa berkontribusi terhadap kemajuan Kota maupun untuk Indonesia,” tambahnya.

Lebih lanjut kata Walikota, tak ada Kota yang tak luput dari masalah. Namun, selalu ada solusi dari permasalahan tersebut, dengan catatan komitmen yang kuat dan gotong-royong untuk menyelasaikan setiap persoalan.

“Kota Tangerang akan terus berbenah. Tangerang LIVE Room salah satu jawabannya sehingga persoalan Kota dapat diminimalisir dan Kota Tangerang ke depan akan semakin maju dan sejahtera,” tegas Walikota.

Selain Arief, acara tersebut juga menghadirkan narasumber lainnya, yakni Jim Nichols (Consultant to the county, Douglas County, Nevada), Janet K. Regner (Community Services Director of Coconino County Arizona), Bruce M. Applegate (Assistant to The City Manager, Oak Ridge City, Nevada), Sritanti Arundati (Director of Adaptation, Ministry of Environment and Foresty), Anniesa Delimasari (Mercys Corps), serta para audiens dari berbagai komunitas yang peduli terhadap perkembangan Kota. (ADVERTORIAL)

Trending