Ratusan Jemaah Muhammadiyah Tangsel Akan Gelar Salat Gerhana

Date:

Banten Hits – Diperkirakan 500 jemaah Muhammadiyah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan melaksanakan salat gerhana matahari yang akan berlangsung Rabu (9/3/2016).

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tangsel akan menggelar salat kusuf saat fenomena gerhana matahari total di tiga lokasi. Diantaranya, Masjid Raudatul Istiqlal Perguruan Muhammadiyah Serpong Jalan Raya Puspiptek, Masjid Perguruan Muhammadiyah Jalan Raya Setia Budi Pamulang, dan Masjid Muhammadiyah 44 Pamulang.

“Salat akan dimulai pada pukul 07.30 WIB,” ungkap Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Banten Eddy Mistam Setiawan saat dihubungi, Senin (7/3/2016).

Muhammadiyah kata Edi, mengajak umat Muslim untuk salat gerhana Matahari. Pasalnya, fenomena gerhana matahari merupakan sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah SWT.

Edi menerangkan, momentum gerhana matahari seyogyanya dilakukan dengan perbanyak berzikir, bertakbir, beristighfar dan bersedekah. Di samping itu, yang tidak kalah pentingnya adalah mendengarkan khutbah setelah dilakukannya salat gerhana matahari.

Menurutnya, salat gerhana dilaksanakan pada saat terjadi gerhana sampai dengan usai gerhana. Baik pada saat gerhana matahari maupun gerhana bulan, pada gerhana total maupun gerhana sebagian. Jika gerhana telah selesai, sementara salat masih ditunaikan, maka salat tetap dilanjutkan dengan memperpendek bacaan.

“Orang yang dapat mengerjakan salat gerhana adalah mereka yang mengalami gerhana atau berada di kawasan yang dilintasi gerhana,” jelasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

KASN: Aparatur Sipil Negara Haram Berselingkuh dengan Politik!

Berita Tangerang - Seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN...