Begini Imbauan Dinas Perdagangan Saat Harga Cabai di Lebak Meroket

Date:

Banten Hits – Harga cabai di Pasar Tradisional Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, meroket. Cuaca ekstrem, disebut menjadi faktor tingginya harga bahan dasar pembuat sambal tersebut.

Pantauan Banten Hits di Pasar Rangkasbitung, Senin (14/3/2016), pedagang cabai sudah mematok harga jual cabai Rp60 ribu per kilogram. Kenaikan tersebut terjadi pada jenis cabai merah, keriting. Melonjaknya harga cabai juga diikuti dengan naiknya harga bawang merah.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lebak, Orok Sukmana mengaku, tak bisa berbuat banyak menyikapi kenaikan pada sejumlah komoditi tersebut. Pasalnya, Pemerintah tidak menyediakan stok lantaran bukan termasuk pada bahan kebutuhan pokok, seperti beras, minyak sayur atau minyak sayur.

Meski tak bisa mengambil langkah apapun, pihaknya mengimbau kepada para pedagang agar tidak memainkan harga di tengah kondisi melonjaknya harga.

“Kami imbau pedagang tidak licik dan memainkan harga saat kondisi seperti sekarang. Karena, tidak seperti beras, saat masyarakat yang mengeluh lebih dari

10%, kami bisa melakukan intervensi pasar, berbeda dengan persoalan ini,” pintanya.

Sementara itu, Erick, salah satu pedagang cabai menuturkan, akibat cuaca ekstrem, hasil produksi cabai di sejumlah wilayah penghasil menjadi berkurang. Tak jarang, kualitas cabai yang dibelinya dari pemasok ikut menurun.

“Katanya sih jumlahnya terbatas. Otomatis, harga dari pemasok jug jadi lebih tinggi,” ucapnya seraya mengaku, kondisi tersebut berdampak kepada menurunnya jumlah pembeli.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...