Pemkot Tangerang Konsen Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

Date:

Kota Tangerang – Di masa depan, masyarakat lah yang akan memainkan peran utama dalam pengimplementasian program-program pembangunan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Tangerang H. Sachrudin, di sela Silaturahmi Majelis Sahabat Blosso, di Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Senin (14/3/2016).

“Peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan daerah merupakan salah satu syarat mutlak dalam era kebebasan dan keterbukaan,” terang Sachrudin.

Oleh karena itu kata Sachrudin, keberadaan kelompok-kelompok masyarakat seperti Majelis Sahabat dinilai sangat membantu peran Pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat.

Wakil Walikota juga menegaskan, Pemkot Tangerang sangat konsen dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Dimulai dari proses perencanaan pembangunan lewat Musrenbang tingkat Kelurahan dan Kecamatan, sampai penyediaan kanal aspirasi masyarakat yang bisa diakses oleh siapapun, yakni call center maupun Laksa (Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda).

Untuk diketahui, Laksa merupakan aplikasi layanan melalui pesan singkat (SMS center). Masyarakat dapat menyampaikan pertanyaan dan keluhan dengan mengirimkan SMS ke nomor 0811-1500293. Dengan aplikasi Laksa, SMS  dari masyarakat secara otomatis disampaikan kepada aparatur dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau Dinas terkait untuk segera ditanggapi.

Begitu pula sebaliknya, SMS jawaban Dinas terkait langsung disampaikan kepada masyarakat melalui SMS dan ditayangkan juga di website tangerangkota.go.id.

Bagi Anda yang aktif di media sosial (medsos) dapat melayangkan keluhan dan saran melalui akun twitter @kota_tangerang dan akun facebook Pemerintah Kota Tangerang. Dengan mengikuti (following) dan tautkan pertemanan kedua akun tersebut, masyarakat dapat memperoleh informasi sekitar Kota Tangerang, khususnya penyelenggaraan Pemerintahan Kota Tangerang.

Sachrudin mengungkapkan, kedepan Pemerintah juga akan lebih berperan sebagai fasilitator dalam pembangunan.

“Bentuk intervensi Pemerintah kepada masyarakat tidak hanya dari penyaluran dana yang diberikan, tapi juga bisa dari fasilitasi yang diberikan Pemerintah ke masyarakat,” jelasnya.

“Misalnya, melalui perhatian Pemkot terhadap pendidikan, sebagaimana yang Pemkot Tangerang lakukan dengan memberikan pendidikan yang murah dan berkualitas,” tambahnya.

Secara khusus, Wakil Walikota juga mengapresiasi Majelis Sahabat Blosso yang telah ikut berpartisipasi dalam proses pemberdayaan masyarakat melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan.

“Ini patut diapresiasi, karena hal seperti ini adalah bentuk aktualisasi diri kita dalam bermasyarakat,” terangnya.

“Melalui kegiatan seperti ini kan kita bisa berbagi rasa dengan kawan-kawan kita. Karena sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain, meskipun hanya lewat doa atau pertukaran ide,” imbuhnya. (Humas Kota Tangerang)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Selama Libur Lebaran 2024, Petugas Kebersihan di Kota Tangerang Setiap Hari Angkut 1.800 Ton Sampah

Berita Tangerang - Selama libur Lebaran 6-15 April 2024,...

Cukup Rp 2 Ribu Saja, Warga Bisa Keliling Kota Tangerang untuk Berlebaran

Berita Tangerang - Sebuah layanan paripurna coba dihadirkan Pemerintah...

Pj Wali Kota Tangerang: Saya Selalu Menempatkan Pers dalam Peranan Penting Jalannya Roda Pemerintahan

Berita Tangerang - Pers selalu diposisikan dalam peranan penting...