Connect with us

METROPOLITAN

Silpa Kabupaten Pandeglang Capai Rp288 Miliar

Published

on

Banten Hits – Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) anggaran Kabupaten Pandeglang pada tahun 2015 mencapai Rp288.364.686.584,45, atau hanya mampu terserap 86,84 persen dari APBD sebesar Rp2.470.688.138.387,62.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) LKPJ, Muhlas mengatakan, hanya mampu terserapnya APBD Rp2.037.028.432.384,79 tersebut dinilai, akan menimbulkan ketidakpuasan masyarakat yang selama ini sudah menunggu rencana pembangunan Pemerintah. Pansus akan memanggil semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Camat se-Kabupaten Pandeglang untuk menyikapi hal tersebut.

“Kita akan tanya, apa penyebabnya anggaran tidak mampu terserap,” ujar Muhlas, usai Paripura DPRD penyampaian Nota Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) TA 2015 dan Pembentukan Pansus Pembahasan LKPJ, Senin (14/3/2016).

Menurutnya, jika anggaran tidak terserap karena pos mager, Pansus tidak akan bisa berbuat banyak, kecuali dikarenakan kelalaian atau ketidakseriusan para penggunaan anggaran.

BACA :  Tembok Pembatas Ambruk Timpa Tiga Mobil di Taman Cibodas, Warga Dengar Ledakan

“Kalau itu kelalaian, kita akan beri rekomendasi keras dan tegas. Karena dari sisi penyerapan anggaran baik akan menghasilkan pekerjaan yang dilakukan Pemkab, tetapi kalau jika hanya 86 persen pasti ada sisi ketidakpuasan masyarakat,” jelasnya.

Namun, ia enggan berspekulasi penyebab kurang maksimalnya Pemkab dalam penyerapan anggaran.

“Saya tidak mau menduga-duga, saya ingin menilai berdasarkan faktra-fakta yang ada nanti di lapangan, itulah yang akan kita jadikan rekomendasi, besok kita akan bahas dengan tenaga ahli, dan hari Rabunya kita akan memanggil Seluruh SKPD,” terangnya.

Sementara itu, Pelaknana harian (Plh) Bupati Pandeglang, Aah Wahid Maulany, enggan membeberkan alasan serapan anggaran yang dinilai tidak cukup baik. Ia justru menyarankan kepada awak media untuk mengkonfirmasi kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang.

BACA :  Yayasan Erick Thohir Bantu Warga Banten Atasi Tekanan Pandemi Hingga Renovasi Fasilitas Umum

“Saya belum bisa berkomentar, ini mau dibahas dulu, babak-bapak bisa bertanya langsung kepada Bappeda sebagai koordinatornya biar jelas, saya belum bisa berkomentar dulu,” pungkasnya.(Nda)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler