Connect with us

GAYA HIDUP

Saya Pelitas, Siap Menjaga Lingkungan di Tangsel sampai Tuntas!

Published

on

Sampah adalah masalah utama di lingkungan perkotaan. Butuh terobosan dan sinergi pemerintah dengan masyarakat untuk menuntaskan masalah klasik ini. Salah satunya, merubah cara pikir warga soal sampah melalui kampanye hidup bersih dan sadar lingkungan.

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, sepertinya mafhum betul merubah cara pandang manusia dewasa tak semudah membalik telapak tangan. Karenanya, kampanye lingkungan di kota yang dipimpinnya ini diprioritaskan kepada anak-anak.

Supaya kampanye lingkungan mudah dimengerti dan diaplikasi anak-anak, Pemkot Tangsel melalui Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) menyiptakan tokoh kartun Pelitas yang merupakan kependekan dari pelindung lingkungan di Tangerang Selatan.

Airin saat memperkenalkan Pelitas di Serpong, Jumat (18/3/2016) mengatakan, penciptaan tokoh kartun Pelitas diusung menjadi maskot. Tetapi kehadirannya jangan hanya sekedar maskot, tapi mesti ada tujuan strategis.

BACA :  Komunitas 1.000 Guru Tangsel, Berbuat untuk Indonesia dengan "Teaching dan Travelling"

“Saya dorong agar dari tokoh kartun Pelitas ini DKPP bisa membuatkan komik,” katanya.

Menurut Airin, cerita tentang tokoh Pelitas yang nantinya akan dituangkan ke dalam bentuk komik ini adalah sikap dan perilaku menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

Media komunikasi lewat cerita komik tersebut, lanjutnya, jadi sarana edukasi bagi kalangan anak-anak. Misalnya, bahwa membuang sampah sembarang merupakan tindakan tidak Menjaga kelestarian ekosistem lingkungan sekitar bermanfaat untuk jangka panjang.  

“Pola perilaku menjaga kebersihan harus diajarkan kepada anak-anak,” terang Airin.

Dia mengakui, bila kalangan dewasa sudah sulit dibentuk pola prilakunya. Dirinya ingin menggandeng komunitas-komunitas muda kreatif yang ada di Kota Tangsel, yang kemudian diajak bisa berpartisipasi membuat komik anak cerita beragam, tentu tanpa menghilangkan skenario awalnya.

BACA :  Galeri Fashion Muslim Hadir di Metropolis Tangerang

“Nantinya komik-komik yang bercerita tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan disebar ke perpustakaan di sekolah ataupun mobil perpustakaan keliling dan komunitas gemar membaca,” pungkasnya.(Rus)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler