Tanggul jebol, Ratusan Rumah di Jombang Cilegon Terendam

Date:

Banten Hits – Hujan deras melanda wilayah Kota Cilegon, Senin (21/3/2016). Tingginya curah hujan membuat tandon Sukmakaya meluap, sehingga menyebabkan ratusan rumah di Lingkungan Sawah, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon terendam banjir. 

Wartawan Banten Hits Iyus Lesmana melaporkan, warga yang terkena dampak banjir berusaha membersihkan lumpur yang terbawa banjir di rumah mereka.

“Air yang memasuki pemukiman warga itu kemungkinan melalui celah tanggul yang jebol itu. Akibatnya air tidak melaju ke tandon,” kata Umbari, Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Cilegon, di lokasi kejadian.

Dia mengungkapkan, tanggul di wilayah tersebut sudah cukup lama dibangun, sehingga aliran air yang deras merusak pondasi tanggul. 

“Mungkin karena terkikis air hujan tanggulnya jebol. Yang saya tahu tanggul ini lebih lama bila dibandingkan tandonnya,” tuturnya.

Kabid Darurat & Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon Sam Wangge menambahkan, air sempat meluap ke jalan protokol hingga menyebabkan kemacetan. 

“Saat ini kami juga sedang melakukan pendataan supaya lebih valid,” ujarnya. 

Menurut Sam Wangge, wilayah tersebut memang menjadi langganan banjir. Selain kontur tanah rendah hingga mudah menyebabkan genangan air, diperparah juga dengan minimnya drainase. 

“Air di tandon juga meluap ke rumah warga. Airnya tidak bisa ketampung,” terangnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...