Connect with us

METROPOLITAN

Debit Air Tinggi, Irigasi Pasir Bedil di Lebak Jebol

Published

on

Banten Hits – Irigasi Pasir Bedil, di Kampung Pasir Bedil, Desa Warunggunung, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Selasa (22/3/2016), jebol.

Irigasi yang dibangun pada tahun 1990 dengan panjang 2,8 kilometer tersebut jebol akibat tak mampu menahan debit air yang tinggi

“Daerah irigasi (DI) yang jebolnya sekitar 10 meter. Setelah kita dapat laporan dari warga sekitar jam lima sore, tim langsung meluncur ke lokasi kerana khawatir air akan menggenangi jalan raya yang berada beberapa meter di samping irigasi,” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Lebak, Dodi Irawan, kepada Banten Hits.

Dodi menjelaskan, saat ini pihaknya hanya melakukan penanganan sementara, dengan menyusun beberapa tumpukan karung berisi tanah.

BACA :  Proyek Miliaran PDAM Lebak Didemo, Asda II: Masyarakat Harus Objektif bukan Asal tanpa Data

“Karena waktu yang enggak cukup, kita lakukan dulu penanganan sementara dengan menumpuk karung agar air tidak tumpah ke jalan,” ujarnya.

Sedangkan, untuk penanganan secara permanen terhadap irigasi yang berfungsi mengairi areal persawahan akan dilakukan keesokan harinya, Rabu (23/3).

“Besok langsung kita tangani, dengan menggunakan anggaran operasional. Dan bukan masalah, yang penting masyarakat tidak dirugikan,” jelasnya.

Hingga pukul 19.00 WIB, tim SDA masih melakukan perbaikan terhadap kerusakan yang diakibatkan jebolnya irigasi tersebut.(Nda)



Terpopuler