Connect with us

METROPOLITAN

Sungai Cilemer Meluap, Belasan Kepala Keluarga di Banjarsari Lebak Terendam Banjir

Published

on

Banten Hits Dua belas Kepala Keluarga (KK) di Kampung Gedong, Desa Kumpay, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, terendam banjir setinggi 50 centimeter. Banjir diakibatkan akibat meluapnya Sungai Cilemer setelah diguyur curah hujan yang tinggi.

“Laporan sementara ada 12 KK yang tergenang banjir di wilayah tersebut,” kata Kepala BPBD Lebak, Kaprawi, kepada Banten Hits, Rabu (23/03/2016).

Namun kata Kaprawi, jumlah tersebut masih bersifat sementara. Pasalnya, tim BPBD masih mengkroscek ke lokasi untuk memastikan jumlah KK yang tergenang banjir.

“Tim masih di lokasi, data terakhir sekitar 12 KK. Tapi tidak menutup kemungkinan jumlahnya bisa bertambah, mengingat kondisi cuaca yang masih dalam status siaga,” jelasnya.

BACA :  Menhub Minta Pengelola Bandara Antisipasi Penumpukan Penumpang Mudik

BPBD mengkhawatirkan, luapan terjadi di Sungai Ciliman yang bisa berdampak kepada 1000 KK akan tergenang banjir.

“Dari 16 Kecamatan yang ditentukan sebagai daerah rawan bencana, baru Kecamatan Banjarsari saja yang terjadi. Saya harap warga terus meningkatkan kewaspadaan sebab Lebak masih dalam suasana rawan bencana akibat cuaca ekstrim,” paparnya.

Untuk diketahui, sesuai dengan SK Bupati Siaga darurat Bencana Banjir dan longsor Nomor 360/kep.580-BPBD-2015, ada 16 Kecamatan di Kabupaten Lebak yang diminta untuk siaga bencana. Dari laporan terakhir prediksi BMKG 31 Maret 2016, 15 Provinsi di Indonesia salah satunya Banten, masih akan mengalami cuaca ekstrem.(Nda)



Terpopuler