Sukses Panen di Lahan Mitigasi Kekeringan, Distan Pandeglang Optimis Ketahanan Pangan Tercapai

Date:

Banten Hits – Petani di Desa Surakarta, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang telah sukses melaksanakan panen di areal lahan hasil Mitigasi Kekeringan, yang diintervensi dengan penggunaan pompa air Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Pandegalang. Panen yang dilakukan pada Oktober 2015 kemudian dilanjutkan dengan penanaman di atas lahan 70 hektar pada awal November.

Keberhasilan tersebut menunjukan kinerja positif yang dilakukan Dinas Pertanian, terutama dalam tercapainya ketahanan pangan di tahun 2016. Namun, harus ada upaya dan sinergitas, mulai dari tingkat petani, petugas lapangan hingga pihak-pihak terkait lainnya agar ketahanan pangan bisa meningkat.

Antusias petani sangat terlihat dengan keberhasilan panen tersebut. Pasalnya, para petani di wilayah tersebut hanya melakukan tanam saat musim hujan. Namun saat ini, para petani mengakui, tidak lagi kesulitan lantaran sudah tersedianya sarana dalam memenuhi kebutuhan air yang bersumber dari air sungai.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras) Distanak Pandeglang, Nasir menambahkan, hasil panen tersebut cukup memuaskan dengan hasil ubinan mencapai 6,8 ton/ha.

“Sebelumnya hanya mencapai 6,2 ton/ha  pada kondisi normal tanpa bantuan pompa air. Hal ini menunjukkan bahwa para petani tidak perlu khawatir dengan pola percepatan tanam dengan bantuan pompa air, karena hasilnya masih optimal dan tetap menunjukkan peningkatan produktivitas,” terangnya.

Nasir juga menjelaskan, dengan keberhasilan panen tersebut telah membuktikan, bahwa sawah tadah hujan mampu menanam 3 kali atau IP 300 dengan mengoptimalkan penggunaan pompa air. Diharapkan, saat musim tanam kedepan areal tambah tanam di Kabupaten Pandeglang bisa lebih meluas dengan memanfaatkan sumber-sumber air permukaan, di seluruh Daerah Irigasi.

“Jadi, tidak lagi harus menunggu musim hujan. Semua pihak kita harapkan bahu membahu membantu, agar potensi air yang ada mampu dengan maksimal dioptimalkan untuk menambah tanam padi berikutnya,” pintanya.

Soal gangguan hama maupun penyakit tanaman yang kerap dikhawatirkan para petani, juga juga tidak terjadi. Gangguan hama yang dihadapi pada musim tanam kali ini hanyalah burung, namun kata Nasir hal tersebut masih bisa diatasi.

Panen di lahan Mitigasi Kekeringan tersebut juga dihadari Koramil Pagelaran Kapten Inf. Sarwo, Koordinator Penyuluh Kecamatan Pagelaran Dede Sumardi, Kasi Produksi Tanaman Pangan Nuridawati, Kasi Pengembangan Alsintan Wahyu Widiyanti, Kasi Pupuk dan Pestisida Herniwati, Kades Pagelaran Ucid Rosadi, Ketua Gapoktan Gotong Royong Mukhsin, petani dan penyuluh se-Kecamatan Pagelaran serta para babinsa Kecamatan Pagelaran.(ADVERTORIAL)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...