Connect with us

METROPOLITAN

Anies Canangkan Gerakan Indonesia Membaca di Lebak

Published

on

Banten Hits – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Anis Baswedan, hari ini Kamis (31/3/2016), berkunjung ke Kabupaten Lebak. Kedatangan Anies dalam rangka mencanangkan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) dan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Marjinal (GP3M) di seluruh Indonesia.

“Membaca ini perlu dan harus bisa dilakukan oleh setiap masyarakat di seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Lebak. Saat ini membaca asangat penting agar kita mengetahui bagaimana perkembangan daerah belakangan ini,” kata Anies, di Hall Latansa Mashiro, Rangkasbitung, Lebak.

(BACA: “Selamat Datang Bapak Menteri di Kabupaten Tertinggal”)

Menurutnya, dengan membaca masyarakat bisa mendapatkan beberapa hal positif yang mungkin selama ini belum diketahui. Membaca kata dia, juga akan melatih mental dan fikiran sehat, serta mampu mengurangi tingkat stres.

BACA :  Instruksi Irna untuk Emak-emak di Pandeglang: Matikan Televisi Jam 17.30 - 21.00 WIB

“Membaca juga menambah kosakata, karena banyak kosakata yang kita ketahui atau miliki tergantung sebanyak apa kita membaca,” jelasnya.

Anies menjelaskan, seharusnya di setiap Kampung di Lebak disediakan taman baca, agar setiap kalangan masyarakat mulai dari pelosok hingga ke tengah Kota bisa membudayakan membaca.

“Kabupaten Lebak ini daerah yang luas dan kalau dilihat silsilahnya adalah inspirasi yang membuat Indonesia bisa seperti saat ini, sebab Gerakan Indonesia Membaca juga pertama kali dikenalkan di Kabupaten Lebak,” ungkapnya.

“Mari budayakan Gerakan Indonesia Membaca,” sambung Anies.

Sementara itu, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan, Lebak akan mencananangkan dengan baik Gerakan Indonesia Membaca, apalagi Lebak sudah mempunyai Program Lebak pintar menuju Lebak Cerdas 2019.

BACA :  Sistem Navigasi Traffic Separation Schemes Diterapkan di Selat Sunda Juli 2020, Apa Itu?

“Saya mengimbau setiap orang tua agar membiasakan anak-anaknya untuk membaca pada pukul 18.00 hingga 20.00 WIB,” pintanya.(Nda)



Terpopuler