Connect with us

Pemkot Tangerang

Festival Bujug Buneng di Kecamatan Benda

Published

on

Kota Tangerang – Seolah tak mau kalah dengan Kecamatan lain yang menggelar festival budaya, masyarakat di Kecamatan Benda, Kota Tangerang juga menggelar festival serupa. Bedanya, di Kecamatan ini kesan Betawinya sangat kental, hal tersebut terlihat dari nama festivalnya, yakni Festival Bujug Buneng.

“(Istilah) Bujug Buneng itu beda dengan busyet, kalau di Padang ada istilah “Ranca Bana” yang di Benda ada Bujug Buneng,” ujar Rendy salah satu panitia festival.

Menurut Rendy, masyarakat Benda harus mampu menjadi Jawara di rumahnya sendiri. Apalagi jika mengingat, Kecamatan Benda merupakan pintu gerbang Indonesia.

Festival yang cukup ramai tersebut dihadiri oleh warga Benda dan sekitarnya. Dalam festival tersebut, ditampilkan berbagai kesenian khas Betawi seperti Palang Pintu, Pencak Silat Beksi, Produk UKM Benda mulai dari makanan, sovenir dan kaos Bujug Buneng yang sudah menjadi trademark Benda.

BACA :  Kota Tangerang Nominator Peraih Adipura Paripurna

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah yang menghadiri acara tersebut mengapresiasi terhadap warga Benda, yang sangat perhatian dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya Betawi.

“Keberadaan Bandara harus dioptimalkan, dan melalui kegiatan ini minimal kita telah menunjukkan potensi yang kita miliki,” kata Arief Sabtu (2/4/2016) malam.

Arief menyarankan, kegiatan serupa bisa digelar di wilayah yang deket dengan Bandara Soekarno-Hatta, sehingga orang yang datang ke Bandara juga bisa melihat festival tersebut.

“Makanya, coba nanti kita bikin rumah Betawi dan tempat kuliner di daerah Rawa Bokor,” ucap Arief menggagas.

“Kalau disamakan strategis, kalau di sini agak kebelakang. Karena di sana, sedang ada penataan Simpang Rawa Bokor,” jelasnya.(Humas Kota Tangerang)

BACA :  Wali Kota Tangerang dan Jajaran Ngabuburit di Taman Ekspresi Karawaci



Terpopuler