Menag Gandeng BNPT Cegah Radikalisme di Madrasah dan Pesantren

Date:

Banten Hits – Isu radikalisme, terorisme, dan ekstrimisme kerap dikaitkan dengan dengan sekolah agama seperti madrasah dan pesantren. Karenanya, untuk mencegah paham radikalisme di madrasah dan pesantren, Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin berencana akan menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

“Kan sering kali isu radikalisme, terorisme dan ekstrimisme menghantui atau dikaitkan dengan sekolah agama. Makanya kami akan menangkalnya bekerjasama dengan BNPT,” kata Lukman Hakim, seusai meninjau pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di MAN Insan Cendekia (IC) Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (4/4/2016).

Berdasarkan catatan Kemenag, saat ini di Indonesia tercatat ada 7.262 madrasah milik swasta dan negeri, terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), hingga Madrasah Aliyah (MA).

Lukman menjelaskan, kerjasama yang akan dilaksanakan dengan BNPT masih dalam pemikiran yang luas. Bisa dalam arti pemberian pemahaman nasionalisme, cinta tanah air berdasarkan ajaran agama Islam, hingga berbagai usaha bentuk penangkal radikalisme lainnya.

Namun demikian menurut Lukman Hakim tidak hanya untuk mencegah terorisme, radikalisme dan ekstrimisme saja, tetapi tidak kalah pentingnya Kemenag juga terus memberikan pengetahuan dan penanaman tentang nasionalisme. Sebab cinta tanah air merupakan bagian dari yang diajarkan oleh agama.

“Penanaman kesadaran seperti ini tidak kalah pentingnya dibanding memberikan pengenalan ketiga hal tadi,” kata Lukman Hakim.

Untuk lebih menambah keragaman dan ilmu pengetahuan, Kemenag sudah mempraktekan sekolah dengan sistem boarding school. Dengan sistem ini, siswa akan lebih mudah dipantau kesehariannya.

Tentu dengan berbagai evaluasi penunjang pendidikan untuk anak-anak bangsa ini. Ini juga jadi PR kami,” tutupnya.(Rus) 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...