Connect with us

METROPOLITAN

Rail Clinic Siap Layani Pasien di Lebak

Published

on

Banten Hits – Terobosan baru PT KAI (Persero) yang menciptakan Rail Clinic alias kereta api yang khusus untuk melayani kesehatan masyarakat, kini bisa dinikmati oleh masyarakat di Kabupaten Lebak. Ya, Kereta Api yang launching pada November 2015 lalu tersebut kini sudah berada di perlintasan stasiun Rangkasbitung.

SM Humas Daop 1, Bambang S. Prayitno kepada awak media, Rabu (6/4/2016), mengatakan, Rail Clinic akan memberikan pelayanan kesehatan tingkat pertama kepada masyarakat, dengan sasaran penyakit ringan yang dilakukan di dalam Kereta Api.

“Saat ini hanya pemeriksaan umum saja, seperti periksa gigi, kehamilan, serta pelayanan kefarmasian,” ujar Bambang.

Tim kesehatan yang terdiri dari dokter umum dan dokter gigi untuk memberikan pelayanan kesehatan juga sudah disiapkan. Ditargetkan, Rail Clinic mampu melayani sedikitnya 150 orang pasien penduduk setempat.

BACA :  Demokrat Tempuh Jalur Politik Perjuangkan Program Berobat Gratis, WH dan Iti Tak Satu Suara

“Disamping melakukan pelayanan kesehatan, tim juga akan memberikan penyuluhan kesehatan mengenai pola hidup bersih sehat, penyakit DBD, kesehatan gigi, diabetes militus, hipertensi, TBC, diare dan HIV aids,” bebernya.

Selain itu, ada juga pemberian kacamata gratis kepada 50 siswa Sekolah Dasar (SD) 05 dan 03 Muara Ciujung Timur dan Multatuli Ciujung Barat.

“Tujuannya memperkenalkan kepada masyarakat bahwa PT KAI memiliki pelayanan kereta kesehatan pertama di Indonesia yang bisa menjadi sahabat masyarakat dan membantu kesehatan masyarakat,” urainya.

Sementara itu, Senior Manager Kesehatan Daop 1, dr Lisnawati menegaskan, pelayanan yang diberikan oleh Rail Clinic merupakan bukti bahwa PT KAI memiliki kepedulian kepada masyarakat, terutama di Kabupaten Lebak.

BACA :  Gudang Rupbasan di Tangerang Ludes Terbakar, Ratusan Sepeda Motor Sitaan Musnah

“Ini bentuk kepedulian kami terhadap Lebak, dan bukan hanya di Lebak, tidak lama lagi Rail Clinic juga akan hadir di wilayah Sukabumi,” pungkasnya.(Nda)



Terpopuler