Mahasiswa Tolak Relokasi Badak Bercula Satu Ujung Kulon

Date:

Banten Hits – Rencanan Kementerian Kehutanan yang akan merelokasi badak Jawa atau badak bercula satu di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) ke luar Banten mendapat protes keras dari kalangan mahasiswa.

Pasalnya, secara tidak langsung relokasi tersebut dinilai akan mengina warga Pandeglang. Apalagi, badak bercula satu sudah menjadi salah satu ikon dan kebanggaan warga di Kabupaten tersebut. 

“Kami menolak dan mengecam rencana pemerintah yang bakal menghilangkan ikon dan kebanggaan warga Pandeglang,” tegas aktivis Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa (Gemasaba) Pandeglang, Rian Supriatna kepada Banten Hits, Jumat (8/4/2016).

Seharusnya, Pemerintah lebih memfokuskan pada pelestarian keberlangsungan hewan yang kini populasinya sangat langka, ketimbang direlokasi ke daerah lain yang belum tentu keselamatannya terjamin.

“Apalagi di Ujung Kulon masih banyak lahan yang harus dikelola untuk dijadikan habitat badak itu sendiri,” ujarnya.

Menurutnya, alasan Pemerintah merelokasi untuk menghindari gejolak alam yang akan terjadi yang dapat menimbulkan kepunahan bagi pertumbuhan badak dianggap sangat tidak masuk akal.

“Kalau alasannya seperti itu belum tentu bisa dijamin keselamatannya, karena bencana alam itu tidak ada yang bisa mengetahui, maka dari itu kami sangat menolak dengan rencana mereka untuk memindahkan badak Jawa itu sendiri,” jelasnya.

Lebih lanjut kata Rian, keberadaan badak cula satu akan mencari magnet tersendiri bagi wisatawan yang akan berkunjung ke TNUK, apalagi kawasan itu termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yang saat ini masih dalam tahap pengembangan.

“Tentu dengan adanya badak cula satu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang saat ini dijaga kelestarianya oleh World Wildlife Fund (WWF), TNUK dan para pencinta alam,” paparnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...