Connect with us

METROPOLITAN

BPBD Banten Bentuk Satgas Kebencanaan Hingga ke Desa

Published

on

Banten Hits – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten akan membentuk Satgas Kebencanaan, hingga ke seluruh Desa. Pembentukan Satgas untuk membantu BPBD di Kabupaten dalam menanggulangi bencana yang setiap tahun meningkat, tak terkecuali di Kabupaten Lebak.

“Pembentukan Satgas ini ditujukan agar kinerja BPBD semakin maksimal, baik daerah maupun Provinsi, apalagi angka bencana terus meningkat di beberapa Kecamatan,” ujar Kasi Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Banten, Uus Kuswoyo, dalam pembentukan Satgas Kebencanaan di Kabupaten Lebak, di Hotel Mutiara, Rabu(13/4/2016).

Kata Uus, BPBD tengah menggagas agar nantinya setiap relawan mampu hadir maksimal 20 menit di lokasi bencana.

“Jadi, mereka sudah ada di lokasi bencana maksimal 20 menit, terutama untuk bencana Kebakaran, minimal 15 menit Satgas sudah harus ada di lokasi,” ucapnya.

BACA :  Nyamar Jadi Tukang Rongsok, Dua Pemuda Bobol Rumah di Villa Bintaro Regency

Pihaknya mengharapkan, seluruh komponen masyarakat, tak terkecuali pejabat, dan anggota DPRD bisa lebih peduli terhadap lingkungan.

“RT/RW juga perlu ditinjau ulang agar mereka mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Desa Cilangkap, Malik mengaku, pembentukan Satgas kebencanaan dinilai dibutuhkan.

“Kalau boleh kasih masukan, jadi setiap Desa dibentuk Satgas yang sistemnya ranting dari Kecamatan, sebab dengan seperti itu kinerja Satgas akan lebih efektif terlebih jika di setiap Desa punya kepengurusan tersendiri,” harapnya.(Nda)



Terpopuler