Connect with us

METROPOLITAN

Marwan: Dana Desa Diprioritaskan Membangun Infrastruktur

Published

on

Banten Hits – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDT) Marwan Jafar menegaskan, penggunaan Dana Desa (DD) harus diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur.

Pasalnya, jika infrastruktur Desa sudah baik, maka DD baru bisa dipakai untuk membangunan sarana dan prasarana Desa, mulai dari fasilitas persalinan, pendidikan anak dan pos kesehatan.

“Prioritas penggunaan pertama adalah untuk membangun infrastruktur Desa. Jalan Desa, irigasi Desa, talud, jembatan sederhana, saluran-saluran air di RT dan RW. Itu prioritas pertamanya,” kata Marwan, di Pandeglang, kemarin.

Setelah itu, jika sarana prasarana lain sudah dibangun, Dana Desa juga bisa digunakan untuk pengembangan sektor ekonomi, antara lain pertanian, peternakan atau badan usaha desa.

BACA :  Kondisi David Masih Syok Setelah Nyaris Jadi Korban Penculikan

Terkait dengan alokasi Dana Desa tahun 2016, Marwan menjelaskan, jumlah alokasi Dana Desa mencapai Rp46,9 Triliun.

“Tahun 2015 kita mendapatkan Rp20,7 Triliun untuk Desa di seluruh Indonesia. Rata-rata, Desa akan mendapatkan kurang lebih Rp300 juta. Untuk tahun 2016 ini, Desa mendapatkan Rp600 sampai Rp800 juta, naik seratus persen lebih dari sebelumnya,” jelasnya.(Nda)



Terpopuler