Connect with us

METROPOLITAN

Marwan Jafar Kasih “Bocoran” Supaya Pandeglang Tidak Daerah Tertinggal

Published

on

Banten Hits – Dari delapan kota dan kabupaten di Provinsi Banten, dua di antaranya masih menempati daerah tertinggal, yakni kabupaten Lebak dan Pandeglang. Pada November 2015 lalu, Presiden Jokowi mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 131 Tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015-2019.

BACA JUGA : Jokowi Tetapkan Lebak sebagai Daerah Tertinggal

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Marwan Jafar mengungkapkan, supaya bisa keluar dari daerah tertinggal, setidaknya ada empat poin yang harus dilakukan pemerintah daerah.

“Pertama dari sisi APBD memang harus ada prioritas. Misalnya, pada tahun 2016 untuk infrastruktur di seluruh Kabupaten Pandeglang. Kalau terpecah-pecah, ke sini sedikit ke sana sedikit, nanti tidak jadi semua. Karena indikator daerah tertinggal itu dilihat dari infrastruktur, maka infrastrukturnya harus digenjot,” kata Marwan saat melakukan kunjungan kerja ke Pandeglang kepada awak media, Selasa (12/4/2016).

BACA :  Jelang Malam Jumat Kos-kosan di Cilegon Digeledah, Lima Pasangan Ketahuan Sekamar tanpa Bukti Nikah

BACA JUGA: Ditanya Menteri Jumlah ADD, BPMPD Pandeglang Gugup

Kedua, kata Marwan, pemerintah daerah harus menggenjok Indek Pembangunan Manusia (IPM). Sedangkan di Pandeglang sendiri IPM-nya masih rendah. Makanya menurut Marwan, Pandeglang masih dikategori daerah tertinggal. Ketiga, lanjutnya, pemerintah daereh juga harus menggenjot viskal peningkatan pendapat daerah semaksimal mungkin.

“Keempat, aksesibilitas antara daerah satu dengan daerah lain harus cepat, supaya akses barang dan jasa lalu lintasnya lancar. Dan akses apapun, karena ini menyangkut barang dan jasa,” pungkasnya.(Rus)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler