Tangkis Efek Negatif Globalisasi, Pemkab Pandeglang Dekatkan Diri ke Masyarakat

Date:

Banten Hits – Derasnya era globalisasi yang terjadi saat ini, tidak selalu berdampak positif dalam kehidupan bermasyarakat. Malah yang terjadi di masa kini, hal itu mengakibatkan terkikisnya moralitas masyarakat akibat akses globalisasi yang tidak disaring. 

Jika tidak segera ditanggulangi, bukan tidak mungkin nilai kebangsaan akan terlupakan. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Pandeglang berupaya meningkatkan kembali pemahaman masyarakat akan nilai kebangsaan dan pancasila. dengan begitu moral masyarakat pun ikut terangkat.

“Di era globalisasi, menghadapi masyarakat ekonomi Asean dan semakin  eksisnya westernisasi, kita harus memperbanyak pendekatan dengan masayarakat. Dengan demikian moral msayarakat kepada negara bisa ditingkatkan,” kata Bupati Pandeglang Irna Narulita usai membuka kegiatan Fasilitasi Pembinaan Politik Masyarakat di Aula Badan Kesbangpol Kabupaten Pandeglang kepada wartawan, Rabu (13/4/2016).

Irna mengatakan, pengetahuan politik masyarakat perlu dilakukan pembinaan. Mengingat ajaran radikal yang fundamental saat ini lebih mudah masuk di tengah masyarakat. Hal itulah yang dinilai menjadi salah satu runtuhnya moral dan kecintaan akan nilai kebangsaan. 

“Langkah perlu ditempuh guna mengantisipasi dan melestarikan kecintaan serta pemahaman masyarakat tentang NKRI. Salah satunya yakni dengan menggalakkan kembali pedidikan Pancasila di kalangan pelajar,”katanya.

Sementara Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pandeglang Tubagus Syafrudin menambahkan, budaya politik masyarakat di Pandeglang saat ini belum sepenuhnya sesuai dengan amalan Pancasila. Pihaknya terus berupaya memfasilitasi pendidikan politik masyarakat agar diarahkan untuk berpolitik yang beretika, santun, cerdas dan bersih. Untuk itu pihaknya menggandeng beberapa kalangan.

“Kami mengundang para peserta terdiri dari berbagai elemen masyarakat kepala kelurahan, kepala desa, unsur MUI tingkat kelurahan/desa, ketua LPM dan unsur BPD dari Kecamatan Cadasari, Majasari, Karangtanjung, dan Pandeglang. Tujuannya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berpolitik dimana masyarakat merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam system pemerintahan,” jelasnya.(Rus)

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

KASN: Aparatur Sipil Negara Haram Berselingkuh dengan Politik!

Berita Tangerang - Seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN...