Duh! Masih Banyak Pengendara Bermotor Terobos CFD di Lebak

Date:

Banten Hits – Car Free Day (CFD) atau hari tanpa kendaraan yang diberlakukan Pemkab Lebak pada setiap hari Minggu mulai pukul 06.00 WIB–09.00 WIB belum optimal.

Meski sudah berjalan sekitar hampir enam bulan, namun CFD belum mampu mengubah perilaku sebagian warga khusunya pengguna kendaraan bermotor untuk tertib berlalu lintas.

Pantauan Banten Hits, di Jalan Abdi Negara, Iko Jatmiko, dan Alun-alun Barat Jalan Multatuli, Minggu (17/4/2016), masih banyak kendaraan roda empat yang menerobos ketiga jalan yang sudah ditetapkan ke dalam zona bebas kendaraan.

Penutupan akses jalan yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lebak tak membuat para pengendara kendaraan mengurungkan niatnya untuk masuk ke zona tersebut.

Sejumlah pengendara sepeda motor memilih gang-gang sempit untuk bisa masuk ke zona yang seharusnya bebas dari polusi yang dihasilkan kendaraan bermotor.

 Enjang Nurrojali, warga Rangkasbitung mengatakan, program CFD di sejumlah ruas jalan raya, hingga kini belum dipatuhi seluruh pengendara. Hal itu selalu terjadi, karena setiap Minggu pagi, dirinya kerap melihat sejumlah pengendara sepeda motor atau mobil masih lalu lalang di zona CFD, pdahal ada petugas yang berjaga.

“Biar CFD ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan, seharusnya ada tindakan tegas dari petugas yang berjaga. Kalau hanya ditegur saya rasa akan terus-terusan terulang dan tidak bikin pelanggar kapok,” ujar Enjang salah seorang warga Rangkasbitung.

Hal senada dikatakan warga lainnya Hermanto. Menurutnya, dengan masuknya kendaraan ke dalam zona yang sudah ditetapkan sebagai zona yang steril kendaraan saat CFD akan bisa membahayakan warga yang tengah beraktifitas.

“Bisa saja terjadi kecelakaan, karena warga kan tahunya CFD itu steril dari kendaraan bermotor,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dishub Lebak Alkadri berjanji, mulai CFD pada Minggu depan, akan menindak tegas para pengendara roda dua maupun roda empat yang nekat menerobos zona CFD.

“Kami akan berkoordinasi dengan Kepolisian agar ada sanksi tegas berupa tilang misalnya kepada pengendara yang melanggar zona CFD,” pungkasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...