Pemkab Pandeglang Didorong Ciptakan Keterbukaan Informasi di Desa

Date:

Banten Hits – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang diminta mendorong terciptanya keterbukaan informasi di setiap Desa terkait dengan penyaluran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), serta bantuan lainnya yang diterima Pemerintah Desa.

Hal tersebut bisa melalui penerbitan Surat Edaran agar setiap Desa membuat papan informasi yang berisi publikasi setiap bantuan dan kegiatan yang akan dilakukan Pemerintah Desa setempat.

“Nantinya, ini akan memberikan keterbukaan kepada masyarakat. Dengan begitu, masyarakat akan tahu program kerja dari Pemerintah Desa,” kata Ketua Aliansi Pelaku Pemberdaya Masyarakat Indonesia (APPMI) Pandeglang, Rian Supriatna, kepada Banten Hits, kemarin.

Tak hanya publikasi secara manual, Rian menyarankan bagi Desa yang sudah tersedia sambungan internet bisa mempublikasikannya secara online. Dengan begitu, masyarakat bisa mengetahui setiap detail realisasi Dana yang masuk ke Desa tersebut.

“Setahu saya, masih banyak desa yang menganggarkan pengadaan wifi di desanya, kenapa tidak itu juga bisa dijadikan sarana informasi buat masyarakat,” sarannya.

Selain menciptakan keterbukaan informasi, langkah tersebut nantinya akan menciptakan partisipasi dari masyarakat untuk ikut mengawasi setiap program dan anggaran.

“Jadi, pengawasan bukan hanya dilakukan pihak terkait saja, masyarakat juga punya kewajiban mengawasi setiap pembangunan, karena ini menjadi bagian dari partisipasi masyarakat dalam sebuah pembangunan,” jelasnya.(Nda)

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

KASN: Aparatur Sipil Negara Haram Berselingkuh dengan Politik!

Berita Tangerang - Seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN...