Soal NIK Bermasalah, Disdukcapil Pandeglang Sebut Kesalahan Pusat

Date:

Banten Hits – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang beranggapan, permasalahan Nomor Induk Kependudukan (NIK) merupakan kesalahan teknis dari sistem IT. 

Kepala Disdukcapil Pandeglang Entis Sutisna mengatakan, dalam penerbitan e-KTP, Disdukcapil Kabupaten hanya sebatas menandatangani, sedangkan masalah teknologi berada di Pusat.

“Kalau pengesahan kewajiban kita, tapi persoalan teknologinya bisa saja kesalahan sistem atau kekeliruan dari pusat,” ujar Entis kepada wartawan, kemarin.

Meski begitu, Entis meminta warga yang mengalami NIK KTP bermasalah agar datang kembali ke Disdukcapil untuk melakukan perekaman ulang.

“Datang saja ke Disdukcapil untuk merekam ulang. Karena, masalah seperti itu biasanya karena sistem IT, karena KTP online dilakukan berbasis IT, jadi mungkin saja dari pusat kesalahannya,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Maman (27), warga Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang gagal menerima gaji dari tempat ia bekerja. Hal tersebut lantaran pihak perusahaan menemukan NIK pada KTP Maman tidak sesuai dengan nama identitas pemilik.

BACA: NIK Bermasalah, Warga Panimbang Tak Bisa Terima Gaji

Tak hanya itu, saat Maman akan membuka rekening untuk membuat ATM di salah satu bank yang sudah diharuskan oleh pihak perusahaan, pihak bank juga menyampaikan NIK tersebut bermasalah dan tidak sesuai naman pemiliknya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...