Sempat Booming, Kini Batu Kalimaya Asal Lebak Sepi Peminat

Date:

Banten Hits – Daya tarik batu Kalimaya asal Kabupaten Lebak kini mulai meredup. Para peminat yang memburu batu permata yang telah menembus pasar dunia ini pun tak seramai dulu.

Ayung (45) salah seoraang penjual batu Kalimaya di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak merasakan sepinya peminat terhadap batu yang harganya menempus puluhan juta rupiah tersebut

“Kalau beberapa bulan lalu pas lagi ramai-ramainya, omzet saya bisa jutaan. Tapi sekarang, pengen jual batu yang harganya puluhan ribu aka susah pembelinya,” keluh Ayung belum lama ini.

Ayung menuturkan, akibat sepinya peminat terhadap batu yang memiliki ciri khas dan perpaduan warna nan indah tersebut, banyak penjual Kalimaya yang memilih beralih profesi.

”Ada yang jual buah-buahan, dan ada juga yang kembali ngelanjutin usahanya. Ditambah, sekarang ini batu itu susah didapat, harganya juga mahal,” ungkapnya.

Hal senada diutarakan Fahdi Khalid, penjual batu Kalimaya lainnya. Ia bahkan rela berhenti di profesi yang sebelumnya digeluti lantaran pendapatan yang menggiurkan daru usaha batu tersebut.

“Sempat beberapa bulan off dari pekerjaan. Itu dulu, waktu harga satu batu Rp5 juta, beda dengan sekarang mau jual yang puluhan ribu susah,” katanya.

Pemerintah Daerah setempat diharapkan mampu menjaga salah satu ciri khas daerah tersebut. Apalagi, banyak masyarakat dari luar daerah yang mengenal Kabupaten Lebak melalui batu indah yang digunakan dalam logo HUT Kabupaten Lebak ke 187 tahun 2015 lalu.

“Pemerintah harus tanggap, agar batu ini tidak musnah atau diklaim oleh pihak lain,” harapnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...