Connect with us

METROPOLITAN

Sosok Kartini Masa Kini di Mata Bupati Iti

Published

on

Banten Hits – Kiprah dan peran perempuan Indonesia sudah tak bisa dipandang sebelah mata. Semangat para kaum hawa masa kini menjadi cerminan dari semangat sosok R.A Kartini di masa lalu yang berjuang dalam meningkatkan kualitas perempuan sebagai bekal mereka kelak, umunya seluruh masyarakat.

Untuk melihat Kartini-kartini masa kini, tak perlu harus melirik ke wilayah lain. Provinsi Banten salah satunya. Di Provinsi yang berusia 15 tahun pada 4 Oktober 2015 lalu ini membuktikan, wanita mampu berada di posisi strategis di Pemerintahan. Ya, menjadi Kepala Daerah alias orang nomor satu di daerahnya masing-masing.

Sebut saja Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany. Keempat Srikandi Banten ini menjadi cerminan bagaimana semangat perjuangan Kartini di masanya, kemudian diikuti oleh mereka yang mempunyai niatan untuk ikut andil dan berkontribusi bagi kemajuan daerahnya dan meningkatkan taraf hidup masyarakat yang dipimpinnya menjadi lebih baik.

BACA :  Unras di Kantor Bupati, Kumala: Setop Perbanyak Nama Multatuli!

Lalu bagaimana kata salah satu dari mereka melihat sosok-sosok Kartini di masa kini yang tak lepas juga mempunyai peran dan tanggung jawab penting sebagai seorang istri di dalam rumah tangganya.

“Emansipasi wanita itu perlu, sebab wanita harus diberikan ruang yang sama baik itu pada jabatan publik atau yang lainnya. Apalagi, Undang-undang sudah mengatur bahwa 30% di lembaga menjadi hak Wanita,” kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Menurut wanita kelahiran 4 Oktober 1978 ini, bagi wanita di masa lalu untuk dapat mengemban ilmu atau bergerak lebih jauh dalam persoalan Pemerintahan dan politik tak seperti saat ini.

“Wanita harus bisa ikut berkiprah untuk kemajuan bangsa dengan cara meningkatkan kualitas dan meraih kepercayaan masyarakat. Terbukti kan di Banten, ada 4 daerah yang dipimpin seorang wanita. Ini tentunya bisa menjadi motivasi bagi wanita lain, untuk terus meningkatkan kualitasnya dan membuktikan bahwa wanita juga bisa,” ujar mantan anggota DPR RI tersebut.

Kini, panggung bagi para wanita untuk membuktikan kualitas dirinya seolah tanpa batas. Para Kartini di masa kini terbukti mampu mengambil peran yang dahulu dianggap hanya mampu dilakukan oleh kaum lelaki, mulai dari bidang politik, sosial, ekonomi, pendidikan, keagamaan hingga keinginan untuk memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan daerahnya.

BACA :  Ditreskrimsus Polda Banten Datangi KSOP Banten, OTT?

Iti mengingatkan, ide-ide cemerlang dan inovatif wajib dimiliki oleh para kaum hawa di era sekarang. Pasalnya, dengan memiliki itu derajat wanita akan terangkat di masyarakat.

“Tahun ini, Satpol PP melibatkan wanita, Bupati wanita, kemudian belum lama ini Kementrian Pendidikan telah mencanangkan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Marjinal (GP3M) di Lebak, Jadi wanita di Lebak harus bisa termotivasi oleh itu semua dengan saling mensuport untuk kemajuan Kabupaten Lebak,” jelasnya.

Namun, di tengah berbagai aktivitas dan kesibukannya dalam mengejar karir, wanita adalah seorang istri dan ibu yang harus tetap mempunyai andil besar dalam melayani suami, dan membesarkan anak-anaknya untuk menjadi generasi penerus yang berguna bagi bangsa dan negara.

“Wanita tentu tidak boleh lupa pada kodratnya sebagai ibu, istri dan anggota masyarakat harus bisa diselaraskan dengan baik agar semua kalangan merasakan manfaat positif kehadiran seorang wanita,” ucap Bupati yang meraih gelar S2nya di Usakti Jakarta pada tahun 2005 silam.

BACA :  Dinas Perlindungan Anak Target Pandeglang Kabupaten Layak Anak 2019

Lebih lanjut Iti mengaku, Kartini di masa kini punya segudang prestasi yang mampu ditunjukan dan bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Menurutnya, Kartini saat ini harus terus berlari mengejar cita-cita dan impiannya dengan dibarengi peningkatan kemapuan diri dan membuktikan bahwa Wanita pun punya andil besar dalam meningkatkan pembangunan bagi daerahnya, dengan tidak lupa sebagai kodratnya sebagai seorang wanita yang juga punya tugas penting dan tanggung jawab besar di tengah-tengah keluarganya.

“Saya mengajak kepada perempuan di Kabupaten Lebak khususnya, mari bersama-sama mewujudkan Kabupaten Lebak yang cerdas, Lebak yang sehat dan lebak yang sejahtera, serta Lebak yang mempunyai daya saing dari berbagai bidang. Dan selamat¬† Hari Kartini 2016, semoga jiwa dan semangatnya terus memberikan gelora yang positif bagi perempuan Indonesia,” serunya.(ADVERTORIAL)



Terpopuler