Arief Harapkan Fasilitas Publik Tak Sekedar Dinikmati Masyarakat

Date:

Kota Tangerang – Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, Jumat (22/4/2016) melakukan monitoring rutin. Diawali dengan memantau pengecetan kanstin, kemudian Taman Pramuka, Danau Situ Gede di Alam Sutera sambil menggelar rapat koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP).

Di sela-sela monitoringnya, Walikota menginginkan keberadaan berbagai fasilitas publik di Kota Tangerang tak sekedar dapat dinikmati masyarakat, namun lebih dari itu bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas.

“Saya ingin di taman-taman ada kegiatan yang dapat memberikan manfaat pada masyarakat. Seperti kegiatan edukasi atau sosialisasi dari Dinas-dinas atau Komunitas-komunitas,” kata Walikota.

Arief mengaku, ingin mengoptimalisasikan keberadaan ruang publik. Pasalnya, selain berfungsi sebagai Ekologi (penjaga kualitas dan keseimbangan lingkungan kota), Hidrologis (menyerap air dan mereduksi potensi banjir), taman juga penting lantaran berperan sebagai sarana pengembang budaya kota, pendidikan dan menjadi pusat-pusat kegiatan masyarakat.  

Oleh karena itu, Walikota meminta kepada DKP untuk semakin melengkapi fasilitas yang ada di taman sehingga akan semakin menarik masyarakat untuk tak sekedar datang mengunjungi, menikmati namun dapat melakukan kegiatan bermanfaat saat berada di taman.  

Saat di Taman Pramuka, Arief meminta kepada Dinas terkait untuk dibuatkan outbound, sebagai salah satu sarana pendukung kegiatan, khususnya bagi para penggerak Pramuka. Selain itu ia juga meminta untuk metata kulinernya, karena sesudah beraktivitas masyarakat butuh asupan minum atau makanan.
 
“Asalkan dijaga kebersihannya. Bekas sampah makanan dan minumannya buang pada tempatnya,” pesannya.

Selepas meninjau taman, Walikota langsung menuju kawasan Alam Sutera untuk meninjau Danau Situ Gede. Dalam pantauannya bersama jajaran terkait, Walikota menjelaskan, keberadaan situ yang diantaranya berfungsi sebagai tempat parkir air dan kawasan resapan air, sehingga dapat mengurangi volume air permukaan (run off) yang tidak tertampung tentunya perlu dilakukan penataan secara intens.

“Yaitu dengan merevitalisasi kawasan bantaran agar lebih terbuka, sehingga badan air Situ lebih luas serta perapihan kontur tanggul bantaran,” katanya.

Melalui monitoring yang rutin dilakukannya bersama jajarannya, Walikota berharap segala fasilitas publik dapat senantiasa terpantau sehingga keberadaannya dapat terus dimaksimalkan untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat.(Humas Kota Tangerang)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related